nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Apresiasi untuk Lalu Muhammad Zohri: Uang Ratusan Juta, Tawaran PNS hingga Rumah Baru

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 15:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 14 340 1922322 sederet-apresiasi-untuk-lalu-muhammad-zohri-uang-ratusan-juta-tawaran-pns-hingga-rumah-baru-NSe0TJCOk5.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Apresiasi untuk Lalu Muhammad Zohri deras mengalir. Hadiah rumah baru, renovasi tempat tinggal, bantuan modal usaha, tawaran karier sebagai pegawai negeri sipil (PNS) hingga menjadi prajurit TNI pun menanti.

Namun di tengah banjir simpati tersebut, pemerintah patut mengelola bentuk apresiasi untuk atlet-atlet berprestasi yang lebih sistematis. Pengelolaan apresiasi ini penting guna meningkatkan prestasi atlet, menciptakan kesejahteraan yang berkesinambungan, dan melahirkan aspek keadilan.

Dua hari seusai menang di Kejuaraan Dunia Atletik 100 Meter Putra U-20 di Tampere, Finlandia, rumah tinggal Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin banyak di datangi berbagai kalangan.

 Pelari Muhammad Zohri Harumkan Nama Indonesia di Ajang IAAF World U20 Championships

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Zohri, mereka memberikan bonus uang ratusan juta rupiah, bantuan modal usaha, perbaikan rumah tinggal hingga tawaran berbagai pekerjaan. Keberhasilan pemuda berusia 18 tahun menjadi juara dunia di tengah kehidupannya yang penuh keterbatasan ini me mang menyentuh hati.

Banyak kalangan menilai Zohri adalah potret anak bangsa yang tak gampang menyerah dengan keadaan. Demi bisa mengubah kehidupannya menjadi lebih baik, Zohri memiliki niat dan tekad kuat menjadi atlet lari yang berprestasi, bahkan hingga level internasional.

Pelari Muhammad Zohri Harumkan Nama Indonesia di Ajang IAAF World U20 Championships

Berikut adalah sederet apresiasi yang diberikan untuk Zohri:

1. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan ucapan selamat untuk Zohri di Jakarta. Presiden juga berencana mengundang Zohri ke Istana Kepresidenan setelah tiba di Tanah Air pada Senin 16 Juli 2018.

2. Jokowi telah meng instruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera merenovasi rumah Zohri di NTB. “Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” kata Jokowi.

 Memprihatinkan! Kondisi Rumah Pelari Tercepat Dunia Asal NTB Muhammad Zohri

3. Selain rumah tinggalnya direnovasi, Zohri juga dihadiahi rumah baru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemberian rumah ini sebagai ungkapan rasa bangga dan apresiasi atas prestasi Zohri. “Keluarga besar staf Kemendagri memberikan apresiasi kepada Saudara Zohri sebuah rumah,” ungkapnya.

Rumah baru untuk Zohri ada lah di Bangsal Regency di Ke camatan Pemenang Utara. Lokasi rumah ini sangat dekat dengan rumah Zohri saat ini. “Begitu Zohri tiba di Indonesia langsung diserahkan secara simbolis di Jakarta atau di NTB,” ujar Mendagri.

4. Untuk masa depan karier Zohri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur juga akan memberikan slot khusus untuk menjadi CPNS. Pemberian slot ini sejalan dengan program pemerintah yang tahun ini membuka seleksi CPNS pada kuota khusus bagi atlet berprestasi. “Khu sus untuk anak kita yang me nang lomba lari itu saya siap kan slot khusus untuk jadi PNS. Kan umurnya bulan depan sudah 18 tahun,” katanya.

Asman mengatakan, Zohri sudah memenuhi persyaratan untuk masuk dalam formasi khu sus CPNS kategori atlet berprestasi. Salah satu syarat untuk bisa ikut formasi khusus ini harus berprestasi tingkat dunia. “Itu namanya formasi khusus, tapi ikut dengan sistem CPNS seperti biasa. Kalau tes biasanya betul-betul ada passing grade ya. Tapi dia di bebaskan dari tes kompetensi bidang,” jelasnya.

CPNS dari formasi atlet berprestasi akan ditempatkan di Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora). Namun tidak menutup kemungkinan untuk ditempatkan di kabupaten atau provinsi tempat Zohri tinggal.

 Pelari Muhammad Zohri Harumkan Nama Indonesia di Ajang IAAF World U20 Championships

5. Menpora Imam Nahrawi kembali menandaskan akan memberikan bonus minimal Rp250 juta untuk Zohri. Mempora juga berjanji akan menjemput langsung Zohri di bandara nanti.

6. Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) pun memberikan bonus Rp200 juta untuk Zohri. Bonus itu terdiri atas Rp100 juta untuk modal usaha dan Rp100 juta untuk polis asuransi

7. Bantuan modal usaha juga diberikan lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT). GM Komunikasi ACT Lukman Azis mengatakan, jumlah bantuan modal usaha yang diberikan Rp25 juta. Dengan bantuan ini diharap kan Zohri bisa meneruskan kelangsungan hidupnya dengan lebih baik.

8. Tawaran juga diberikan TNI AD yang berjanji akan merekrut Zohri menjadi prajurit tanpa tes. “Kami memberikan peluang kepada Lalu Muhammad Zohri untuk menjadi prajurit TNI AD dengan hanya mendaftarkan diri di Ajenrem 162/WB dekat Lapangan Malomba tanpa tes,” kata Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani dalam keterangannya.

9. TNI AD juga akan merenovasi rumah serta membelikan tiket pulang-pergi dengan pesawat bagi keluarga Zohri untuk penjemputan di Jakarta.

Memprihatinkan! Kondisi Rumah Pelari Tercepat Dunia Asal NTB Muhammad Zohri

10. Janji renovasi rumah juga akan dilakukan Pemkab Lombok Utara.

11. Tak hanya rumah, bantuan juga akan diberikan berupa perbaikan akses jalan di kampung Zohri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini