Ini Alasan Kubu Jokowi Belum Putuskan Cawapresnya

Badriyanto, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 11:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 14 605 1922227 ini-yang-alasan-kubu-jokowi-belum-putuskan-cawapresnya-8LvjDPnSMd.jpg

JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, Cawapres pendamping Joko Widodo (Jokowi) akan ditentukan di akhir-akhir masa pendaftaran pasangan Capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018 mendatang.

Menurut Emrus, Cawapres Jokowi berpotensi maju dan menang pada Pilpres berikutnya, karena akan menjadi satu-satunya petahana. Oleh sebab itu, posisi Cawapres Jokowi menjadi rebutan di internal partai koalisi, meskipun selama ini seolah-olah kompak menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Bupati di Istana Bogor

"Apalagi jika nanti pasangan Jokowi menang Pilpres, kemungkinan Wapresnya punya peluang maju di Pilpres 2024 karena Jokowi sudah 2 periode," kata Emrus dalam diskusi Polemik MNC Trijaya yang bertajuk 'Jokowi Memilih Cawapres' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).

Emrus melanjutkan, saat ini publik disajikan seolah-olah penentuan Cawapres menjadi priogatif Jokowi. Padahal, kata Emrus, partai juga pasti punya kepentingan sehingga Jokowi pun tidak bisa lepas dari bisikan-bisikan dan pertimbangan partai politik.

"Cawapresnya seolah-olah otonomi Bapak Jokowi, akan tetapi pasti akan mendengarkan bisikan dari partai, tidak sebatas siapa yang memikat melainkan siapa yang diikatkan oleh partai politik," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini