Nyaleg di 2019, Ahmad Dhani Soroti Pembelian Saham Freeport

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 14 606 1922247 nyaleg-di-2019-ahmad-dhani-soroti-pembelian-saham-freeport-nsrez2HwpO.jpg Ahmad Dhani (foto: Okezone)

JAKARTA – Artis Ahmad Dhani resmi maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur ( Jatim) 1. Dia pun menyoroti langkah pemerintah yang memutuskan akan segera membeli 51% saham PT Freeport Indonesia menuai polemik.

“Bukannya fokus pada janji-janji kampanye. Malah sibuk dengan hal-hal di luar janjinya. Misalnya mengklaim keberhasilan bangun tol, beli 51% saham Freeport. Rakyat sudah cerdas. Beli Saham 51% (saham Freeport) uangnya dari mana? Lha wong beli balik Indosat aja nggak mampu,” kata Ahmad Dhani, Sabtu (14/7/2018).

Gaya Ahmad Dhani Pakai Blangkon, Jas dan Dasi Hitam Mengikuti Fesyen Tahun 1920

Dia pun memiliki analogi tersendiri mengenai permasalahan Freeport ini.

“Ada sumur di rumah kita, tanahnya pun milik kita. Sumurnya di kontrak orang selama 20 tahun. Perjanjiannya: Untuk diambil airnya saja. Loh.... Di tahun ke 19, kok kita beli sendiri sumurnya? Dan serah terimanya di tahun ke 41,” jelas dia.

Sekadar informasi, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum yang mewakili pemerintah Indonesia, bersama dengan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Dengan head of agreement ini telah disepakati struktur dan harga untuk membeli 51% divestasi saham. Adapun nilai divestasi 51% saham Freeport Indonesia adalah sebesar USD3,85 miliar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini