Datang ke KPU Surabaya, Perindo Jadi Parpol Pertama yang Serahkan Berkas Bacaleg

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 15 606 1922562 datang-ke-kpu-surabaya-perindo-jadi-parpol-pertama-yang-serahkan-berkas-bacaleg-nUYLpWW3bA.jpg Pengurus Perindo Surabaya datang ke KPU daftar caleg (Foto: Syaiful Islam)

SURABAYA - Perindo merupakan partai politik (parpol) pertama yang menyerahkan dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Surabaya ke KPUD setempat pada Minggu (15/7/2018). Pengurus Perindo Kota Surabaya mendatangi KPU setempat sekira pukul 09 00 WIB.

Kemudian mereka masuk ke dalam Kantor KPU Surabaya untuk menyerahkan berkas-berkas bacaleg yang dibawa. Dokumen bacaleg tersebut langsung diteliti oleh petugas KPU Surabaya yang sudah bersiap di sebuah ruangan.

"Hari ini, kita menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Surabaya. Ada 50 berkas bacaleg Perindo yang diserahkan pada petugas," terang Sekretaris DPD Perindo Kota Surabaya, Sukma Sahadewa, pada Okezone saat dikonfirmasi.

 Perindo Surabaya daftarkan bacaleg

Menurut Sukma, ke-50 bacaleg tersebut tersebar pada lima daerah pemilihan (dapil). Rinciannya untuk dapil 1 ada 10 bacaleg. Lalu dapil 2 ada 11 bacaleg. Kemudian pada dapil 3 ada 9 bacaleg. Selanjutnya dapil 4 dan 5 masing-masing ada 10 bacaleg.

Perindo Surabaya sendiri pada pileg 2019 menargetkan 10 kursi di DPRD Surabaya. Dimana masing-masing dapil ditargetkan memperoleh 2 kursi. Pihaknya optimis target yang telah dipatok mampu diraih.

"Jadi, perjuangan Perindo tidak hanya pada pencalonan, kita sudah melayani masyarakat mulai Perindo berdiri sampai sekarang. Sehingga Partai Perindo sudah dikenal masyarakat dengan program nyata," ungkapnya.

Seperti gerobak UMKM, bakti sosial kesehatan, pelayanan fogging, pertandingan olahraga, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan masyarakat. Jadi, strateginya melayani masyarakat sebaik mungkin.

"Bacaleg yang kita daftarkan dari berbagai unsur baik tingkat profesi, organisasi masyarakat dan berbagai kalangan. Sehingga keberagaman bacaleg bisa diterima oleh lapisan masyarakat di Surabaya," tukas Sukma.

Adapun pengurus Perindo yang ikut menyerahkan dokumen bacaleg ke KPU Kota Surabaya di antaranya meliputi Ketua DPD Perindo Surabaya Samuel Teguh Santoso, Sekretaris Sukma Sahadewa dan Bendahara Yudi Rusmanto.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kota Surabaya, Nurul Amalia, menyatakan penerimaan dokumen pengajuan bakal calon anggota DPRD Surabaya Pileg 2019 sudah dibuka sejak 4 Juli sampai 17 Juli 2018. Namun, baru Perindo yang menyerahkan berkas bacalegnya.

"Baru Perindo, yang lain rata-rata belum ada perintah dari pusat setelah saya tanyakan. Dokumen yang diserahkan ada berkas calon dan berkas pencalonan. Jika berkas calon berkaitan dengan bacaleg sendiri, tapi bila berkas pencalonan berkaitan dengan partai," ucap Nurul.

Menurut Nurul, ketika berkas calon ada yang kurang bisa diperbaiki pada masa perbaikan. Tapi kalau berkas pencalonan yang kurang langsung dikembalikan seluruhnya, termasuk berkas bacaleg.

"Setelah ini, tahapan berikutnya verifikasi administrasi mulai 19 Juli sampai 21 Juli 2018, pada saat itu akan diberitahu pada partai hasilnya bagaimana, apa ada perbaikan atau tidak. Masa perbaikan berkas sendiri 22 sampai 31 Juli, jika ada yang kurang. Lalu, Agustus pengumuman DCS, dan 20 September penetapan DCT," tandas Nurul.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini