nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stress Hadapi Skripsi? Ini yang Harus Kalian Lakukan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 15:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 15 65 1922571 stress-hadapi-skripsi-ini-yang-harus-kalian-lakukan-J3JnQ75oVE.jpg Ilustrasi mahasiswa mengerjakan skripsi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menghadapi skripsi memang harus ekstra sabar. Lalu apa jadinya jika kalian merasa kewalahan dan berada di titik jenuh untuk menghadapi tekanan dari skripsi atau tugas akhir? Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menuturkan tips jitu yang dimulai dari hal kecil.

Dia mengatakan, jika mencegah stress berlebih akibat skripsi bisa dilakukan dengan memberikan waktu untuk diri sendiri untuk melakukan hal lain.

“Berikan diri sendiri time-out secara berkala untuk melakukan kegiatan yang sifatnya stress release, seperti olahraga rutin,” tutur Vera kepada Okezone, (Minggu, 15/7/2018).

Baca Juga: Bingung Nyusun Skripsi, 5 Situs Ini Bisa Bantu Kamu, Jangan Plagiat ya!

Kemudian, seringkali hal yang membuat para mahasiswa merasa stress adalah penulisan skripsi yang jumlahnya berlembar-lembar serta proses penelitian yang memang memakan waktu banyak. Vera mengatakan jika hal itu memang tidak bisa dihindari, namun salah satu kuncinya adalah mencari teman diskusi. Hal ini dapat dilakukan bagi mereka untuk berbagi kesulitan dengan orang lain dan tidak memendamnya sendiri.

Skripsi

Baca Juga: Cara Mendapat Inspirasi Judul Skripsi

Ibu dua anak tersebut menambahkan, jika para mahasiswa dapat mencegahnya dengan memberikan reward atau hadiah kepada diri sendiri. Hal itu dapat dilakukan setiap mencapai keberhasilan.

“Misalnya, berhasil menyelesaikan bab 1, reward diri sendiri dengan ke salon atau ke tempat yang disukai,” pungkasnya,

Seperti diketahui sebelumnya, skripsi atau tugas akhir mungkin menjadi hal yang paling mengerikan bagi mahasiswa semester akhir. Parahnya hingga berujung depresi, seperti kasus yang terjadi di Medan, pada 2016. Seorang mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), berinisial RS tega membunuh dosen pembimbingnya, Nurain Lubis. Diketahui, jika meotifnya adalah balas dendam karena tekanan skripsi.

Ini merupakan salah satu kasus yang cukup parah dari dampak frustasi mengerjakan skrispi. Banyak hal yang dikeluhkan oleh para mahasiswa semester akhir misalnya saja, dosen pembimbing yang tak kunjung acc, revisi tanpa henti, bingung dengan topik yang diteliti, dan banyak hal lainnya. Jadi, dengan hal kecil seperti yang di sebutkan oleh Vera diharapkan dapat mencegah kejadian yang berdampak buruk.

good luck

Baca Juga: Guys, Ini Kunci Rahasia Tampil Prima saat Sidang Skripsi

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini