nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Instruktur Perakitan Bom: Aksi Terduga Teroris di Polres Indramayu Lucu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 16 337 1922730 mantan-instruktur-perakitan-bom-aksi-terduga-teroris-di-polres-indramayu-lucu-HuhOB0g9jL.jpg Polisi berjaga di depan Polres Indramayu. (Foto: Antara)

JAKARTA - Mantan Kepala Instruktur Perakitan Bom Jamaah Islamiyah, Ali Fauzi Manzi menyebut aksi pelemparan bom panci di Polres Indramayu, Jawa Barat sebagai aksi yang lucu. Sebab menurutnya pelaku tidak memahami cara kerja bom panci.

"Ini sangat lucu sekali kalau iya bom panci itu dilempar, ini para pelaku enggak paham betul tentang spesifikasi tentang bom itu," kata Fauzi kepada Okezone, Senin (16/7/2018).

Fauzi mengatakan, pelaku pengeboman salah dalam menggunakan bom panci tersebut. Menurutnya bom yang biasa untuk dilempar adalah granat tangan bukan bom panci.

"Kalo bom panci itu bukan dilempar, kalau yang khusus dilempar granat tangan, saya belum pernah menemukan bom sebesar panci kemudian dilempar," tuturnya.

Foto: Antara

Fauzi menduga para pelaku yang terlibat dalam aksi tersebut belum banyak belajar bagaimana penggunaan bom sehingga salah dalam pelaksanannya. "Mungkin karena rekrutmen baru, jadi mereka belum pernah berlatih belum pernah ketemu instruktur bom dan lainnya," terang Fauzi.

Sebelumnya, pada Minggu pukul 02.35 WIB dini hari, dua orang tak dikenal yang belakangan diketahui merupakan pasangan suami istri berinisial NH dan G menerobos masuk Mapolres Indramayu dengan berboncengan menggunakan motor matik.

Pelaku memacu laju motornya menerobos masuk polres. Kemudian pelaku dikejar dan ditembaki oleh sejumlah polisi piket. Pelaku kemudian berbalik arah menuju keluar polres dan melemparkan sebuah panci berisi bom ke arah penjagaan polres.

Salah satu pelaku, G, terjatuh karena terluka terkena tembakan. Sementara NH berhasil kabur. G saat ini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Losarang, Indramayu

(qlh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini