Nasdem Pastikan Tak Ada Mantan Narapidana Korupsi yang Jadi Bacaleg

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 16 606 1923139 nasdem-pastikan-tak-ada-mantan-narapidana-yang-jadi-bacaleg-V3NcFnF23f.jpg Sekjen Partai Nasdem Johny G Plate (foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memastikan tidak akan mendaftarkan mantan naripidana sebagai bakal calon legislatif DPR RI.

Sekertaris Jendral Partai NasDem Johnny G Plate, menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan tanda tangan formulir B3 yang merupakan bagian aturan dari peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018, dimana mantan narapidana korupsi, pelecehan seksual dan bandar narkoba dilarang menjadi caleg.

KPU Pusat Buka Pendaftaran Caleg DPR dan DPD RI

"Saya sampaikan bahwa kami menandatangani salah satu formulir B3," ujar Johnny di KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (16/7/2018).

Oleh karenanya, partai Nasdem menjamin bakal calon legislatif partai NasDem tidak akan terdapat mantan narapidana korupsi, pelecehan seksual dan bandar narkoba yang maju sebagai bakal caleg.

"Ketum dan sekjen menjamin calon kami," tegasnya.

Meski begitu, Johnny tetap menyerahkan kepada KPU untuk menilisik lebiu jauh mengenai apakah adan bakal calon legislatif dari Nasdem yang pernah menjadi narapidana korupsi, pelecehan seksual dan bandar narkoba.

"Kita tunggu sekarang lagi diverifikasi oleh KPU dan yang jelas itu formulirnya jelas. Sejauh yang kami periksa itu aman," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini