Istana Benarkan Johan Budi Nyaleg Lewat PDIP

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 17 606 1923526 istana-benarkan-johan-budi-nyaleg-lewat-pdip-GMAlNGppda.jpg Johan Budi (foto: Antara)

JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung membenarkan bahwa Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapta Prabowo telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon anggota legeslatif (Caleg) dari PDI Perjuangan.

Pramono mengatakan, Presiden Jokowi telah memberikan izin untuk Johan Budi yang akan maju sebagai Caleg dengan Dapil VII Jawa Timur.

Johan Budi Jadi Juru Bicara Presiden

"Telah meminta izin dari Bapak Presiden dan telah berikan izin karena baik Pak JB maupun PDIP dari Dapil VII Jatim. Kenapa kemudian Presiden izinkan, karena kebutuhan baik partai dan JB (Johan Budi, red)," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Pramono menerangkan bahwa Johan Budi tidak pernah mengajukan tawaran sebagai Caleg dari partai berlambang moncong putih itu. Melainkan, lanjut dia, PDI Perjuangan yang menawarkan setelah adanya kedekatan saat menjabat sebagai Jubir Kepala Negara.

"Bukan JB yang ajukan tapi ada tawaran. Memang dia punya kedekatan setelah jadi Jubir bukan sejak di KPK," lanjutnya.

Menurut Pramono, status Johan Budi akan sama seperti menteri lainnya lantaran harus mengajukan cuti untuk berkampanye sebagai Caleg di Dapilnya.

"Siapapun yang maju yang dapat izin dari Presiden perlakuannya sama," tegas Pramono.

 

Ia menambahkan, sosok Johan Budi cukup representatif untuk menjadi Caleg dari PDI Perjuangan. Terlebih, PDI Perjuangan telah menangkap aspirasi tersebut saat banyak pihak yang ingin mantan Jubir KPK tersebut dicalonkan sebagai Cagub atau Cawagub.

"Johan Budi nama yang cukup representatif. Saat lalu ada usulan internal JB untuk jadi Cagub dan Cawagub. Suara itu ditangkap struktural partai," tandasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini