Daftar Caleg, Hanura Kubu Daryatmo Berbondong-bondong Loncat ke Nasdem

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 17:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 606 1923611 daftar-caleg-hanura-kubu-daryatmo-berbondong-bondong-loncat-ke-nasdem-10D2RBBTvh.jpg Dadang Rusdiana (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah pengurus Partai Hanura kubu Ambara berbondong-bondong hijrah ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Dadang Rusdiana mengatakan, alasan mundurnya dari Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Hanura kubu Ambara, karena tak tahan dengan kepemimpinan Hanura di bawah ketua umum Oesman Sapta Odang (OSO). Menurutnya, ia bersama rekan-rekannya sudah tak nyaman berada di partai yang didirikan Wiranto itu. 

Anggota Komisi X DPR itu mengungkapkan beberapa rekannya di DPR RI dari Hanura yang turut pindah ke Nasdem seperti Dossy Iskandar, Rufinus Hutahuruk, Arif Suditomo dan Fauzi Amrol.

"Kan butuh kenyamanan. Politisi itu kan dipilih masyarakat, punya kedudukan kuat di masyarakat, tapi kalau tiba-tiba kita misalkan di DPP, sebagai petinggi partai dianggap engga punya peran apa-apa, digoblok-goblokin siapa yang tahankan," kata Dadang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Hanura

Ketidaknyamanan itu, menurut Dadang, karena konflik internal terkait perpecahan kepemimpinan yang tak kunjung selesai antara kubu OSO dengan ketua umum Hanura kubu lainnya yakni, Daryatmo.

"PTUN memutuskan kubu Sudding yang menang, kubu kita, kemudian itu tidak dieksekusi oleh KemenkumHAM itu kan menjadi konflik, dan bagi kita ketenangan batin dan kenyamanan itu segalanya dibandingkan dengan jabatan," ungkapnya.

"Kita lebih baik hijrah, daripada kita terus menerus berada pada pusaran konflik," sambungnya.

Selain masalah internal, kata Dadang, mahar politik tidak diperlukan untuk bisa mendaftar ke Partai NasDem. Dadang juga mengaku tak dibayar untuk masuk NasDem. Partai besutan Surya Paloh itu hanya berpesan kepada kader Hanura yang hengkang ke partainya untuk menjaga perolehan suaranya di Pileg 2019 mendatang.

"Saya enggak. Cuma pengurus DPW meyakinkan pada kita anda enggak usah berpikir mahar, enggak usah berpikir ngurus struktur, Anda tinggal berpikir suara Anda yang dulu dipelihara, mudahkan," pungkasnya.

OSO

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini