Ini Para Menteri yang Dilarang Presiden Jokowi Nyaleg

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 17:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 17 606 1923618 ini-para-menteri-yang-dilarang-presiden-jokowi-nyaleg-RCHSXyQAXX.jpg Mensesneg, Pramono (foto: ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang sejumlah menteri untuk maju sebagai calon anggota legislatif (caleg). Pasalnya, tugas para menteri tersebut tidak mungkin dapat dibagi dengan jadwal berkampanye sebagai calon wakil rakyat.

"Karena memang presiden melihat tugas dari menteri-menteri tersebut tidak mungkin dibagi," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung di Gedung Sekretariat Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Pramono mengakui bahwa dirinya pun dilarang oleh Kepala Negara untuk berkontestasi di Pileg. Sebab, jabatan Seskab tidak mungkin ditinggalkan lantaran tugas dan fungsi pokoknya yang penting di pemerintahan.

"Tugas Seskab ini tugas daily per daily, dan per day. Jadi harus mensuport Presiden, sehingga tidak mungkin menjadi anggota legislatif," sambungnya.

 Jokowi

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahajo Kumolo juga dilarang mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk Nyaleg. Alasannya, kata Pram, jabatan tersebut merupakan stakeholder atau pemangku kepentingan dari penyelenggara pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"(Mendagri) bertanggung jawab dengan pemilu, kalau dia (Mendagri) jadi caleg, akan jadi conflict of interest," kata Pram.

Selain Seskab dan Mendagri, Pramono mengatakan ada menteri lainnya yang dilarang nyaleg oleh Jokowi. Mereka adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini