Pimpinan KPK Berharap Johan Budi Ngabdi di Jalan yang Lurus

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 606 1923623 pimpinan-kpk-berharap-johan-budi-ngabdi-di-jalan-yang-lurus-iGvcwLrWZs.jpg Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang turut angkat bicara terkait majunya Johan Budi Sapto Prabowo di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Mantan Juru Bicara KPK tersebut maju nyaleg lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Saut berharap Johan Budi dapat membawa nilai-nilai pemberantasan korupsi yang pernah digelutinya selama menjabat di lembaga antirasuah dalam kontestasi Pileg 2019. Saut meminta Johan dapat mengabdi kepada negara lewat jalan yang lurus.

"Saya harapannya nilai-nilai KPK dapat mendorong Om Jobu (Johan Budi), mengabdi di jalan lurus politik penuh dinamika," kata Saut saat dikonfirmasi, Selasa (17/7/2018).

Johan sendiri pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua KPK pada 2015. Sebelumnya, Johan juga sempat menjabat Deputi Pencegahan serta Juru Bicara KPK. Kini, Johan menjabat Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) bidang ‎komunikasi.

 Johan

Saut menginginkan, mantan staf KPK tersebut dapat membawa nilai-nilai positif serta mendorong perubahan dalam dunia politik. Sebab, banyak mantan pejabat KPK yang kini eksis atau berkarier di bidang politik.

"Dengan harapan kehadiran mantan staf KPK di dunia politik, sosial, ekonomi, keamanan dan lain-lain menjadi lebih mendorong perubahan," terangnya.

Menurut Saut, tidak ada masalah jika ada mantan pegawai KPK yang kemudian terjun di dunia politik. Justru, sambung Saut, mereka yang pernah bekerja di KPK seharusnya dapat membangun politik yang cerdas berintegritas ‎saat terjun ke dunia perpolitikan.

 Johan

"Yang penting adalah ketika hak politik seaeorang belum dicabut maka akan merupakan keharusan pula bagi mantan staf KPK untuk membangun politik cerdas berintegritas," ungkapnya.

Johan Budi sendiri maju menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) lewat partai besutan Megawati Soekarnoputri di dapil VII Jawa Timur. Majunya Johan Budi tersebut berdasarkan hasil perenungan selama enam bulan terakhir.

"Dan perenungan ‎dalam enam bulan terakhir, serta juga sudah berdiskusi dengan keluarga, saya memutuskan untuk beralih dalam ladang pengabdian yang berbeda yaitu melalui jalur politik," terang Johan Budi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini