nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNS Sajikan Pertunjukan Ketoprak Kekinian Agar Diterima Milenial

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 13:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 17 65 1923463 uns-sajikan-pertunjukan-ketroprak-kekinian-agar-diterima-milenial-4dlawloK8s.jpeg Pagelaran Ketoprak Tembanglaras Purakencana IKA UNS (Foto: Pernita/Okezone)

JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tadi malam menyita perhatian. Pasalnya, perguruan tinggi negeri tersebut menggelar pertunjukan ketoprak kekinian.

Koordinator Pentas Ketoprak Tembanglaras Purakencana Ismayasuddha Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Sahid Teguh Widodo menyebutkan, jika penyajian ketoprak Tembanglaras Purakencana, ditampilkan sebagai media informasi yang dikemas lebih modern atau kekinian.

 "Kalau kita lihat ketoprak pasti ada kepraknya dan sebagainya. Kalau kita lebih ke konser. Jadi, mengembangkan drama tari dengan anak-anak muda (mahasiswa). Kita ingin membuat sebuah genre baru yang bisa lebih diterima generasi milenial," tutur Sahid kepada Okezone, Senin (16/7/2018)

Lengkapnya, ketoprak berkisah tentang pemberontakan kaum-kaum yang merasa tidak diperhatikan oleh Rajanya. Sang Raja, Raden Ranumunggolo (yang diperankan oleh Rektor UNS) mengutus anaknya, Pangeran Ranumunggolo untuk mencari akar masalah tersebut. Menariknya, sang anak tidak serta merta melakukan kekerasan terhadap kaum yang memberontak tersebut, namun menyatukan kedua belah pihak dengan mempersunting anak dari demang Banjarmangu yang memberontak.

UNS

Baca Juga: Halalbihalal IKA UNS, Rektor Pimpin Pagelaran Ketoprak Tembanglaras Purakencana

Pagelaran sarat makna tersebut memang dikemas dengan gaya kontemporer. Bahkan beberapa pameran melakukan spontanitas di luar skenario. Banyak dari penonton yang terbawa suasana dan tergelitik dengan humor yang ditampilkan.

Sebagai informasi, pagelaran ketoprak Tembanglaras Purakencana terlaksana sekira lebih dari 3 jam, dimulai sejak pukul 19.40 di Gedung Pusat Perfilman H.Usmar Ismail. Acara halalbihalal Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) tersebut disambut hangat oleh beberapa alumni UNS dan pengamat seni.

Menariknya, selain Rektor UNS, Ravik Karsidi dan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Ismayasuddha. Beberapa pejabat seperti Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto, hingga Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arief turut andil dalam pementasan.

UNS

Baca Juga: Aksi Tak Biasa, Rektor UNS dan Para Pejabat Jadi Tokoh Ketoprak

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini