Kuliah dan Harus Meratau, Ini 5 Tips Jitu untuk Bertahan

Pernita Hestin Untari, Okezone · Selasa 17 Juli 2018 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 17 65 1923527 kuliah-dan-harus-meratau-ini-5-tips-jitu-untuk-bertahan-Rj8IIyDJa3.jpg Ilustrasi Mahasiswa sedang jelajahi kota (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Setelah menjalani kehidupan SMA, beberapa bulan ke depan kalian akan mengalami masa-masa menjadi mahasiswa. Salah satunya menjadi anak kosan atau perantau, khususnya bagi kalian yang memilih kuliah jauh dari tempat tinggal. Geger budaya dan homesick pasti akan dialami selama hidup di perantauan. Apalagi, jika itu adalah pertama kalinya bagi kalian hidup di kota lain tanpa siapapun yang dikenal. Jangan khawatir, Okezone akan memberikan beberapa tips agar kalian merasa di kampung halaman saat tinggal diperantauan. Apa saja? Simak ya seperti dilansir dari Her Campus, Selasa (17/7/2018).

1. Keluar dan Jelajahi Kota

Traveling

Bagi kalian yang masih merasa asing dengan kota tempat tinggal saat ini. Cobalah untuk berkeliling ke pusat kota. Pasti di sana ada banyak hal yang menampilkan kekhasan kota. Selain itu, biasanya menuju pusat kota tidak susah untuk menemukan mode transportasi baik umum ataupun menggunakan jasa ojek online. Baik itu makanan lokal, pernak-pernik, masyarakat lokal, hingga tempat yang asyik untuk sekedar nongkrong. Jangan hanya berdiam di kamar kos saja, jelajahi kota setiap akhir pekan mungkin akan membantu agar kalian tidak merasa asing.

2. Menghias Kosan

Decor Room

Baca Juga: 7 Cara membuat Kamar Kos-mu Jadi Zona Tanpa Stres

Hal ini mungkin sedikit terlihat seperti anak kecil, akan tetapi membuat kamar kos terlihat seperti rumah akan membantu kalian merasa nyaman. Seperti, memajang banyak foto keluarga, bantal lucu dan selimut yang nyaman.

3. Pertimbangkan Bergabung dengan Klub Sosial

Tim olahraga

Klub sosial bisa termasuk komunitas, klub olahraga, ataupun keluarga mahasiswa daerah. Bergabung dalam klub akan membuat kalian bertemu orang-orang baru dan membuat kalian mencoba keluar dari zona nyaman kalian. Kemudian, bergabung dengan ikatan mahasiswa dari daerah asal akan membuat kalian merasa bernostalgia dengan kampung halaman.

4. Hadiri acara di sekitar kota

 Konser

Pindah ke kota baru, membuat kalian lebih dekat dengan hal-hal menarik seperti konser, toko pop-up, bazzar, festival, galeri, dan banyak lagi. Manfaatkan hal ini dan pergi untuk menyegarkan pikiran.

5. Jangan lupa dengan teman dan keluarga di tempat lain

 Video Call

Baca Juga: 4 Kebiasaan Esktrim Anak Kosan

Meskipun tinggal di kota baru, kalian tidak dapat melupakan koneksi lama. Cobalah untuk menelpon atau video call dengan keluarga, setidaknya dua hari sekali. Tetap terhubung dengan orang yang kalian cintai pasti membuat semuanya lebih mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini