nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu PNG dan Indonesia Akan Bertemu Bahas Masalah Perbatasan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 18 18 1924099 menlu-png-akan-temui-menlu-ri-bicarakan-masalah-perbatasan-aaEID1XxZF.jpg Menlu RI Retno Marsudi (foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan menerima kunjungan dari Menlu Papua Nugini (PNG), Rimbink Pato pada Kamis, 19 Juli. Pengembangan wilayah perbatasan dan isu lintas perbatasan tampaknya akan menjadi salah satu bahasan utama dalam pertemuan ini.

"Kita punya perbatasan yang cukup panjang dengan PNG dengan potensi ekonomi yang cukup tinggi dan isu lintas perbatasan. Kedua menlu juga akan membahas hasil dari pertemuan Komite Lintas Perbatasan (Cross Border Committee) pada April lalu," demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir pada Rabu (18/7/2018).

Selain isu perbatasan, dalam pertemuan mendatang kedua menlu juga akan membicarakan mengenai kerjasama ekonomi dan interaksi bisnis antara PNG dan Indonesia.Tata, sapaan akrab Arrmanatha mengatakan, meski saat ini nilai perdagangan antara kedua negara telah meningkat pesat menjadi USD208,9 juta pada 2017, masih ada potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan, baik oleh Indonesia mau pun PNG.

Menlu Retno Marsudi Bahas Program Kerja 2018 pada Raker Bersama Komisi I DPR

Penyelenggaraan KTT APEC yang akan dilangsungkan di PNG pada November tahun ini juga akan dibahas. Indonesia banyak memberikan dukungan kepada PNG yang saat ini menjadi ketua APEC untuk penyelenggaraan KTT ini.

"PNG merupakan negara terdekat, tetangga, sehingga wajar jika intesitas hubugan dengan Indonesia sangat tinggi," kata Tata.

"Hampir setiap kali ada pertemuan internasional pasti kedua menlu menyempatkandiri bertemu. Intensitas hubungan dengan PNG juga menunjukkan komitmen indonesia untuk Pasifik karena kita melihat PNG tidak hanya negara tetangga yangg penting tetapi juga negara Pasifik yang besar," jelasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini