nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakal Ada Program Khusus Pendidikan di Papua, seperti Apa?

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 11:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 18 65 1923887 bakal-ada-program-khusus-pendidikan-di-papua-seperti-apa-MnuxC3C9Dc.jpg Foto: Mendikbud (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat sejumlah program khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua dan Papua Barat.

Namun, untuk memajukan pendidikan di Papua harus ada sinergi dengan bidang lain. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, beberapa program khusus ini untuk mewujudkan percepatan pembangunan pendidikan di kedua wilayah tersebut.

 

Di antaranya berupa sekolah berasrama, pendidikan vokasi dengan materi kearifan lokal, penuntasan kurikulum 2013 sesuai konteks Papua dan Papua Barat, pemberantasan tuna aksara, dan penyediaan guru berkualitas. Program tersebut dibuat dan disesuaikan dengan karakteristik dan kearifan lokal.

“Saya harus tekankan, di Papua dan Papua Barat ini pendidikan tidak bisa berjalan dengan baik tanpa kerja sama dengan sektor lain, khususnya kesehatan. Kita tidak mungkin mencerdaskan anakanak kalau gizinya tidak baik dan tingkat kesehatannya rendah,” katanya di Papua.

 

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Soedarmo menyampai kan bahwa kondisi geografis memang menjadi salah satu kendala memajukan pendidikan di Bumi Cendrawasih. Saat ini telah dilakukan kerja sama dengan pemerintah, perguruan tinggi, lembaga donor, dan lembaga masyarakat, untuk melaksanakan pendidikan berpola asrama di lima wilayah adat. (Neneng Zubaidah)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini