nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Solusi Anak Susah Makan Sayur, Cicipi Stik Kangkung ala Mahasiswa UMBY

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 19 65 1924684 solusi-anak-susah-makan-sayur-cicipi-stik-kangkung-ala-mahasiswa-umby-U2jlPYtYM7.jpg Ilustrasi Stik Kangkung (Foto: Istimewa)

BANTUL - Selama ini kangkung dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Seratus gram kangkung darat mengandung 458 gram kalium dan 49 sementara kandungan Energi 29 kal, Protein 3 gram, lemak 0,3 gram, Karbohidrat 5,4 gram, Zat Besi 2,5 mg, Vitamin A (SI) 6300, Vitamin B 0,07 mg, Vitamin C 32 mg, Air 89,7 gram.

Dosen Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Agus Setiyoko bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pun mengembangkan inovasi baru variasi makanan berbahan kangkung. Selama ini cara pengolahan kangkung yang dilakukan masyarakat dengan cara dibuat olahan sayur sederhana untuk lauk makan.

“Ini mengakibatan terjadinya kejenuhan terutama pada anak-anak usia sekolah, mereka malas makan dan lebih suka jajan. Karena itu kami ciptakan stick kangkung yang dipadukan dengan bawang,” ungkapnya pada wartawan Kamis (19/7/2018).

Camilan Stick Bawang Kangkung yang disebut Bakung ini pertama kali dicetuskan di Padukuhan Brongkol, Desa Argodadi, Sedayu Bantul. Di lokasi tersebut UMBY mengajak para ibu dari KWT Anggur mengembangkan penganan yang digemari banyak orang namun memiliki nilai gizi.

“Kami lakukan pelatihan dan penyuluhan pembuatan Stick Bakung pada para ibu dan diharapkan sayur kangkung mampu menjelma menjadi makanan yang digemari, mempunyai nilai jual yang tinggi serta kaya akan kandungan gizi. Jadi nanti tetap jajan tapi bergizi, ini bedanya,” sambung Agus.

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini