nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terombang-Ambing di Laut, Nelayan Ini Berhasil Diselamatkan Tim SAR

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 20 340 1924817 terombang-ambing-di-laut-nelayan-ini-berhasil-diselamatkan-tim-sar-fqTW6q6w2E.jpg Nelayan asal Banjar Mendega, Jimbaran, Bali, I Nyoman Hakim yang terombang-ambing di laut Pantai Jimbaran berhasil diselamatkan Tim SAR. (Foto: Ist)

BADUNG – Seorang nelayan terombang-ambing di tengah laut Pantai Jimbaran, Badung, pada I Nyoman Hakim (53), berhasil diselamatkan pada Kamis (19/7/2018).

Dikabarkan nelayan tersebut melaut sejak Rabu 18 Juli 2018, sekitar pukul 22.00 Wita. Namun, hingga tengah hari tak kunjung kembali.

Nelayan asal Banjar Mendega, Jimbaran, tersebut tak berani menepi ke darat karena gelombang tinggi, sementara perahu yang ia gunakan berukuran kecil. Para saksi mata yang berada di pesisir pantai melihat kondisi itu dan segera melaporkan kepada Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar.

“Laporan tadi kami terima sekitar pukul 12.30 Wita dari I Komet, yakni Ketua kelompok nelayan Jimbaran, melalui telepon genggamnya,” ungkap Ketut Gede Ardana selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar.

Gelombang tinggi di laut (Antara)

Basarnas segera mengerahkan 11 personel dilengkapi rubber boat dan peralatan SAR laut.

"Tadi sekitar 15 menit perjalanan tim sudah tiba di lokasi dan langsung menuju posisi nelayan yang terombang-ambing, diakui oleh tim rescue yang tadi melakukan evakuasi, ketinggian gelombang mencapai 4 meter," terang Ardana.

Tim SAR dibagi menjadi 3 SRU, yakni 3 personil berada di rubber boat melakukan penyelamatan, personil lainnya ditempatkan di Pantai Patra dan Pantai Kedonganan, penyiapan personil di darat untuk antisipasi jika diperlukan pergerakan tambahan.

Akhirnya pada pukul 14.20 Wita, Nyoman Hakim berhasil diselamatkan. "Meskipun ada ancaman tinggi gelombang, namun proses evakuasi tak berlangsung lama dan korban dinaikkan ke rubber boat selanjutnya mereka merapat ke darat," tutupnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini