nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 4,2 SR Getarkan Wilayah Bengkulu

Demon Fajri, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 23 340 1926103 gempa-4-2-sr-getarkan-wilayah-bengkulu-Hj3LKNyq9a.jpg Ilustrasi gempa (Foto: Ist)

BENGKULU - Gempa tektonik berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Senin 23 Juli 2018. Gempa yang dirasakan cukup kencang itu terjadi sekira pukul 14.19 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi berada di koordinat episenter 3,57 Lintang Selatan (LS) dan 102,44 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di darat pada jarak 14 Km Timur Laut Bengkulu Tengah, dengan kedalaman 4 Km.

 Ilustrasi

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong, II SIG-BMKG (III MMI).

''Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,'' kata Litman, Senin (23/7/2018).

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, terang Litman, tampak bahwa gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera. Tepatnya, pada Segmen Musi di sekitar Kepahiang.

Selain itu, sampai Litman, hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum adanya gempa susulan. Meskipun demikian, pihaknya meminta masyarakat di daerah Kepahiang dan Rejang Lebong tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

''Belum ada gempa susulan. Kami minta masyarakat tetap tenang,'' demikian Litman.

Ilustrasi gempa

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini