Ketahuan Eks Koruptor, KPU Coret 5 Bakal Caleg

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 17:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 23 606 1926206 ketahuan-eks-koruptor-kpu-coret-5-bakal-caleg-10RB89tyhJ.jpg Komisioner KPU (Fadel/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengidentifikasi lima orang bakal calon legislatif (bacaleg) sebagai mantan narapidana kasus korupsi dan langsung mencoretnya karena tidak sesuai dengan PKPU. Partai politik diminta untuk mengajukan nama lain.

"Berdasarkan verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan, kami baru menemukan lima bacaleg anggota DPR RI yang berstatus mantan napi korupsi," kata Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Menurut Wahyu, bacaleg mantan napi korupsi tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018. Dia menolak membeberkan identitas kelima bacaleg tersebut dan partai yang mencalonkannya.

KPU memperkirakan masih ada lagi nama lain yang bermasalah, karena proses verifikasi dokumen bacaleg yang didaftarkan parpol masih berlangsung.

Komisioner KPU RI (Fadel/Okezone)

"Itu baru yang kita temukan, sebab ini proses masih panjang dan tidak menutup kemungkinan nama-nama mantan napi korupsi berikutnya," ucapnya.

Wahyu menuturkan bahwa lima bacaleg itu langsung diketahui bermasalah karena dalam riwayat hidupnya mencantumkan pernah dipidana karena kasus korupsi.

“Yang seperti ini bisa kita langsung eksekusi, memberikan status yang bersangkutan tidak memenuhi syarat kita kembalikan parpol untuk kemudian diganti," tegasnya.

KPU sudah berkomunikasi dengan pimpinan parpol untuk meminta pergantian bacaleg yang eks napi korupsi. “Parpol berkenan mengganti," ucapnya.

Kecuali napi korupsi, KPU tetap mengizinkan eks napi narkoba dan pelecehan seksual terhadap anak untuk menjadi caleg. "Tetap boleh jadi caleg anggota DPR dan DPRD, tapi yang bersangkutan harus mengumumkan secara terbuka," tutupnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini