nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Tingkat Madrasah

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 11:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 25 65 1927012 kemenag-gelar-kompetisi-sains-tingkat-madrasah-zbfA6oqSlV.jpg Kemenag Gelar Kompetisi Sains Tingkat Madrasah (Foto: Kemenag)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi. KSM tingkat provinsi digelar serentak pada 25 Juli 2018 di tiap-tiap Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia.

Direktur KSKK Ahmad Umar menuturkan, KSM Provinsi merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Provinsi. Menurutnya, tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM yang akan mewakili setiap Provinsi untuk mengikuti KSM Nasional.

“Untuk KSM tingkat provinsi tahun 2018, diikuti oleh 10.801 siswa, yang terdiri dari 1.991 siswa MI, 3.070 siswa MTs, dan 5.740 siswa MA,” ujar Umar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/7/2018).

Umar manambahkan, target yang ingin dicapai dalam KSM adalah terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat Internasional. “Selain itu, menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Abdullah Faqih mengatakan, bahwa peserta KSM tingakt Provinsi adalah para siswa-siswi MI, MTs, dan MA yang telah memenangkan seleksi di tingkat Kabupaten/Kota.

“Siswa terbaik hasil KSM Provinsi secara otomatis akan diberikan kesempatan mengikuti tahapan seleksi KSM Nasional,” terang Faqih.

Untuk mata pelajaran yang dilombakan, lanjut Faqih, jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk jenjang MTs adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi.

“Selanjutnnya, untuk jenjang MA adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi,” sambung Faqih.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini