nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bola yang Diberikan Putin Kepada Trump Mungkin Memiliki Chip Pemancar

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 26 18 1927537 bola-yang-diberikan-putin-kepada-trump-mungkin-memiliki-chip-pemancar-lSzAcRM7oj.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON – Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan konterpartnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, bola sepak Adidas pada pertemuan mereka di Helsinki, Finlandia pekan lalu. Bola sepak tersebut kemungkinan memiliki chip pemancar di dalamnya.

Foto dari bola yang diberikan Putin kepada Trump tampak menunjukkan logo yang mengindikasikan bola itu miliki chip sebagai bagian dari fitur standarnya.

Laman resmi Adidas menjelaskan bahwa teknologi tersebut memberi pengguna akses ke "fungsi yang berbeda," termasuk "informasi eksklusif tentang produk, konten sepak bola adidas, kompetisi dan tantangan khusus."

BACA JUGA: Putin Klaim Pertemuan dengan Trump di Helsinki Sukses

Dalam pernyataannya, Dinas Rahasia AS mengatakan bahwa semua hadiah "Semua hadiah yang diberikan kepada Presiden merupakan subyek pemeriksaan keamanan menyeluruh. Dinas Rahasia tidak berkomentar secara khusus maupun secara umum tentang cara dan metode tanggung jawab perlindungan kami."

Gedung Putih juga belum memberikan komentarnya mengenai bola tersebut.

Belum jelas apakah bola yang diberikan Putin kepada Trump berisi perangkat yang diiklankan – dan jika perangkat itu ada, itu tidak selalu berarti akan menimbulkan risiko keamanan.

Menurut pakar keamanan siber, Scott Schober mengatakan, teknologi chip dalam bola itu tidak mungkin digunakan untuk kegiatan mata-mata dan semua hadiah yang diberikan kepada presiden AS akan diperiksa secara sangat teliti untuk memastikan benda itu aman.

"Ini adalah jenis teknologi yang digunakan untuk pembayaran mobile dengan ponsel pintar, dan ini membutuhkan membawa dua perangkat sangat dekat, dalam hal ini biasanya dalam beberapa sentimeter. Jika ada yang punya motif jahat, mereka mungkin memilih teknologi yang salah," kata Schober sebagaimana dilansir CNN, Kamis (26/7/2018).

Dia menambahkan, "Mereka (dinas rahasia) akan secara hati-hati memeriksa hadiah apa pun. Mereka mungkin akan melakukan X-ray dan menyapunya untuk melihat apakah ada frekuensi radio yang keluar darinya."

BACA JUGA: Trump: Saya Tak Serahkan Apa pun kepada Putin di KTT Helsinki

Pemberian hadiah dari Putin kepada Trump telah menimbulkan pembicaraan dan spekulasi mengenai keamanannya. Hanya beberapa jam setelah bola itu diserahkan, Senator AS, Lindsey Graham memperingatkan melalui Twitter dengan mengatakan, "Jika itu saya, makan Saya akan memeriksa bola sepak itu untuk perangkat penyadap dan tidak pernah mengizinkannya di Gedung Putih."

Kecurigaan politisi di AS terhadap Rusia terkait dengan dugaan bahwa Rusia telah ikut campur dalam proses pemilihan umum dan pemilihan presiden AS 2016 yang dimenangi Trump. Kremlin telah berulangkali membantah tuduhan itu, tetapi penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang di AS menyatakan beberapa warga Rusia bertanggungjawab atas tuduhan tersebut.(dka)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini