nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Akan Ubah Warna Pelat Nomor Kendaraan Jadi Putih

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 14:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 26 338 1927671 polisi-akan-ubah-warna-pelat-nomor-kendaraan-jadi-putih-BxYS9Iaj1b.jpg Pelat nomor kendaraan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri berencana mengganti warna dasar pelat nomor kendaraan pribadi. Pergantian dari yang semula berwarna hitam menjadi putih itu masih sedang dikaji sebelum dibuatkan Peraturan Kapolri (Perkap) sebagai dasar hukumnya.

"Rencana kalau umpamanya Perkap sudah dibuat, ini baru perencanaan," kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Halim Pagarra saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (26/7/2018).

Halim menjelaskan, pergantian warna dasar pelat nomor kendaraan berawal dari hasil kajian para ahli yang menyebut bahwa warna hitam yang selama ini digunakan sulit direkam kamera. Oleh sebab itu, muncul beberap warna alternatif untuk mengganti warna tersebut.

 

Dalam pembahasannya, warna dasar pelat nomor yang cenderung akan digunakan adalah warna putih karena lebih mudah direkam kamera. Namun begitu, hingga saat ini masih belum ada keputusan final sehingga belum dapat diterapkan.

Halim mengatakan, pihaknya masih perlu studi banding ke negara lain untuk mempelajari plus dan minus dari warna pelat nomor selain hitam. Dengan demikian, dipastikan untuk tahun ini belum dapat diterapkan di Indonesia.

"Nanti kalau pergantian revisi Perkap baru bisa. Tahun ini hanya tahap untuk diskusi, akan keluar negeri juga ngecek perbandingan pelat nomor, masih didiskusikan, masuk program Korlantas untuk studi banding," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini