Soal Adegan Tak Pantas di Kampus, Menristekdikti: Ospek Itu Tanggung Jawab Rektor

Taufik Fajar, Okezone · Kamis 26 Juli 2018 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 26 65 1927599 soal-adegan-tak-pantas-di-kampus-menristekdikti-ospek-itu-tanggung-jawab-rektor-g9QiADDkbx.jpeg Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Menteri Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyatakan, Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) mahasiswa baru merupakan tanggung jawab dari rektor universitas masing-masing. Meski ada mahasiswa senior yang terlibat, Nasir menegaskan, kegiatan ospek tetap tanggung jawab seorang rektor.

 ospek

"Sekarang ospek mahasiswa baru itu, tanggung jawab rektor bukan lagi mahasiswa senior. Di mana mahasiswa yang dilibatkan tapi tanggung jawabnya rektor," ujar Nasir di kantor Kemristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman Pintu I, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/8/2018).

Nasir menjelaskan, kegiatan ospek tanggung jawab rektor itu sudah ada panduannya di pedoman penerimaan mahasiswa baru itu Direktorat Jenderal Pembelajaran.

kampus

"Jadi, rektor bertanggung jawab pada ospek, sudah ada pedomannya," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, salah satu universitas ternama di Kota Manado mendadak menjadi viral setelah beredarnya video yang menggambarkan adegan tak pantas yang dilakukan oleh sekelompok Mahasiswa Baru (Maba) saat pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) atau dahulu lebih populer dengan sebutan Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek). Video itu lantas viral di sosial media dan menuai kontroversi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini