nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Dewan Masjid: 6% Materi Ceramah Bernuansa SARA dan 15% Ajakan Politik Praktis

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 27 337 1928407 survei-dewan-masjid-6-materi-ceramah-bernuansa-sara-dan-15-ajakan-politik-praktis-UkqW0E5Ode.jpg Rilis Dewan Masjid survei isi ceramah. Foto: Okezone/Badriyanto

JAKARTA - Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Merial Institute merilis hasil survei terhadap generasi muda muslim di Indonesia. Survei dilakukan untuk mengetahui fasilitas dan sarana, kegiatan dan pelayanan serta konten literasi keislaman di masjid.

Peneliti DMI Daniel Iskandar menyampaikan, kesimpulan dari hasil survei tersebut pemuda di Indonesia lebih menyukai materi ceramah di masjid tentang etika atau akhlak, sejarah Islam dan aqidah Islam.

"Hanya 6,98% responden pernah menemukan materi ceramah yang berisi ajakan untuk memusuhi agama atau etnis tertentu, dan hanya 2,03% yang setuju dengan materi tersebut," kata Daniel di Kantor DMI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).

Foto/Antara

Selanjutnya, materi ceramah yang berisi tentang ajakan politik juga tidak terlalu signifikan, hanya 15,65% responden yang pernah menemukan materi ceramah yang berisi ajakan politik praktis di Masjid, dan 15,54% yang setuju dengan materi tersebut.

"Sedangkan mengenai pengelolaan masjid, angkanya juga tidak terlalu signifikan, hanya 33,2% responden menganggap bahwa pengelolaan masjid saat ini telah mewakili aspirasi generasi muda," terangnya

Survei tersebut dilakukan secara online selama lima hari terhitung sejak 17-21 Juli 2018, dengan cara membagikan kuesioner google form kepada 888 responden berusia 16-30 tahun di 12 kota besar yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan dan Kota Palembang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini