nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Papua Bisa Nobar Gerhana Bulan Total di Sini

Edy Siswanto, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 20:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 27 340 1928421 warga-papua-bisa-nobar-gerhana-bulan-total-di-sini-99TAZZNxSl.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

JAYAYAPURA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura melalukan pemantauan Gerhana Bulan di Jayapura.

Pemantauan dilakukan sejak pukul 02.00 WIT dini hari.

"Kita akan melakukan pengamatan gerhana bulan total pada 28 Juli di Roof Top Hotel Frontone Jayapura. Jadi bagi warga yang ingin melihat gerhana bulan, nanti pagi bisa ke hotel itu. Kita siapakan alat," ungkap Demon Sili Kepala Balai BMKG Wilayah V Jayapura, Jumat (27/7/2018).

Dijelaskan, gerhana bulan tersebut puncaknya terjadi pada pukul 04.30 WIT, dengan durasi 6 jam 13 menit.

“Ini gerhana bulan terlama saat ini, dan nanti rencana kita pemantauan akan dimulai sejak pukul 02.00 WIT," katanya.

Foto/Ist 

Gerhana bulan total terlama ini diprediksi akan berwarna kebiruan.

“Berbeda dengan gerhana Blood Moon sebelumnya, nanti gerhana bulan total ini nampak berwarna biru (blue moon) karena dipengaruhi ion pada lapisan atmosfir,” ujarnya lagi.

Perbedaan gerhana bulan total kali ini pada saat di posisi full memang wilayah timur, termasuk Papua durasinya sedikit, namun pada wilayah tengah Indonesia akan lebih lama.

Selain itu cuaca pada saat terjadi fenomena tersebut juga diprediksi sesuai analisa di Papua akan cerah berawan dengan intensitas hujan ringan yang terjadi pada malam hingga dini hari.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini