nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejumlah Bangunan Rusak Imbas Guncangan Gempa di Lombok, Ini Penampakannya

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 29 Juli 2018 07:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 29 340 1928830 sejumlah-bangunan-rusak-imbas-guncangan-gempa-di-lombok-ini-penampakannya-ySjkhuCp2x.jpeg Gempa Lombok rusak bangunan (Foto: Ist)

JAKARTA - Gempa bumi yang mengguncang Lombok Timur dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (29/7/208) pagi merusak sejumlah bangunan. Bahkan, 1 orang dikabarkan meninggal dunia, sementara lima lainnya luka.

Informasi yang diperoleh, korban berada di wilayah Polsek Bayan. Ini foto-foto penampakan gempa tersebut:

 Bangunan rusak

(Gapura Taman Nasional Gunung Rinjani Ambruk)

Bangunan rusak

(Bangunan rusak)

Korban gempa

(Korban gempa)

Gempa Lombok

(Bangunan rusak)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, kerugian materil terjadi disejumlah wilayah, meliputi Kabupaten Lombok Timur; ada laporan kerusakan di Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun (masih dalam assessment).

Kabupaten Lombok Utara; ada laporan kerusakan di Kecamatan Bayan (assessment), Kabupaten Sumbawa barat; 1 unit rumah roboh (RB) di Desa Tepas Sepakat, Kecamatan Brang Rea, Lombok Timur: gempa dirasakan kuat sekali selama -+ 10 detik, warga sempat panik keluar rumah, BPBD Lombok Timur masih melakukan monitoring di sekitar wilayah terkait gempa tersebut.

Menurut Sutopo, untuk sementara pendakian Gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu disekitar gunung.
Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama kali berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) pada pukul 05.47 WIB mengguncang Lombok Timur.

Lokasi gempa berada di 8,26 Lintang Selatan, 116 Bujur Timur, atau berada di 28 kilometer Barat Laut Lombok Timur NTB dengan kedalaman 10 km.

Tak lama berselang, gempa mengguncang Lombok Utara sebanyak dua kali. Gempa pertama, terjadi sekira pukul 06.06 WIB dengan kekuatan 5,5 SR.

Lokasi gempa berada di 8,29 Lintang Selatan; 116,46 Bujur Timur; atau berada di 22 km Barat Laut Lombok Utara NTB dengan kedalaman 10 km.

Gempa kembali terjadi di Lombok Utara, tepatnya pukul 06.15 WIB, dengan kekuatan lebih rendah yakni 5,0 SR.

BMKG pun mengeluarkan informasi bahwa kedua gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini