Pencuri Kafan Janji di Sidoarjo Diyakini untuk Ilmu Kekebalan

Syaiful Islam, Okezone · Senin 30 Juli 2018 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 519 1929057 pencuri-kafan-janji-di-sidoarjo-diyakini-untuk-ilmu-kekebalan-FI8j25H9cp.jpg

SURABAYA - Masyarakat Desa Medalem, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jatim dihebohkan dengan hilangnya tiga tali kain kafan pada jenazah Janji. Kasus pencurian tersebut sudah dilaporkan ke polsek Tulangan.

Diyakini pelaku pencurian tiga tali kain kafan untuk kepentingan ilmu kekebalan. Sebab berdasarkan mitos tali kain kafan orang yang meninggal pada Kamis Kliwon bisa dipakai untuk ilmu kekebalan.

"Kami menduga perbuatan itu dilakukan oleh orang yang percaya mendalami ilmu kekebalan," terang Kanit Reskrim Polsek Tulangan Ipda Sudarsono, Minggu (29/7/2018).

Menurutnya, kasus hilangnya tiga tali kain kafan memang betul terjadi. Petugas polsek telah menyaksikan saat penggalian kembali pada kuburan almarhum Janji.

Kemudian berdasarkan kesepakatan keluarga dan perangkat desa, dilakukan penguburan kembali. Ini sesuai dengan kearifan lokal. Pihak keluarga mengaku ikhlas dan tidak mempermasalahkan.

"Hanya ini kejadian aneh yang pertama di makam Madalem, dan semoga tidak terulang lagi. Kita berdoa semoga kebaikan almarhum diterima disisi-Nya," ucap Sudarsono. (Syaiful Islam)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini