nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perluasan Ganjil-Genap Resmi Berlaku Besok, Pelanggar Langsung Ditilang!

Badriyanto, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 31 338 1929767 perluasan-ganjil-genap-resmi-berlaku-besok-pelanggar-langsung-ditilang-fCYUDaIEl4.jpg Uji coba perluasan sistem ganjil-genap di Jalan Gatot Subroto, Jakarta (Antara)

JAKARTA - Perluasan sistem ganjil-genap untuk mobil di sejumlah ruas jalan Jakarta resmi diberlakukan mulai Rabu 1 Agustus 2018, setelah sebulan disosialisasi. Jika ada kendaraan yang melanggar akan langsung ditindak atau ditilang petugas.

Polda Metro Jaya yakin sosialisasi perluasan sistem ganjil-genap di sejumlah ruas jalan di wilayah DKI sekaligus dalam rangka Asian Games 2018 itu sudah optimal.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, selama sosialisasi yang dilakukan sejak 2-31 Juli, jumlah pelanggar berangsur berkurang.

"Minggu pertama banyak yang enggak tahu, minggu kedua sudah berkurang, minggu ketiga sudah dikeluarkan dari jalur (ganjil-genap), itu sudah berkurangg dan minggu keempat ini sudah menurun masyarakat yang tidak tahu hal tersebut," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/7/2018).

Yusuf mengatakan, selama masa sosialisasi anak buahnya telah bekerja maksimal dengan berbagai cara, di antaranya menggunakan brosur, media massa, dan tindakan mengeluarkan mobil dari jalur ganjil-genap.

"Kemudian tanggal 1 (Agustus) besok penindakan tilang, besok lakukan penindakan, seminggu kemudian kita laksanakan evaluasi tingkat pelanggaran terhadap kebijakan yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

Data Okezone menyebutkan ada empat titik perluasan ganjil-genap di Jakarta, setelah sebelumnya diberlakukan di Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto.

Berikut titik perluasan ganjil genap yang berlaku mulai besok:

1. Jalan S Parman - Jalan Gatot Subroto - Jalan MT Haryono - Jalan DI Panjaitan - Jalan A. Yani-Simpang Coca Cola atau Jalan Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

2. Arteri Pondok Indah yang dimulai dari Simpang Kartini hingga Simpang Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

4. Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini