nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 WNI Ditahan di Malaysia Terkait ISIS, Polri: Belum Ada Rencana Dideportasi

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 01 337 1930459 3-wni-ditahan-di-malaysia-terkait-isis-polri-belum-ada-rencana-dideportasi-dGIiauPeQU.jpg Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Iqbal (foto: Okezone)

JAKARTA - Polisi Diraja Malaysia (PDRM) akhirnya melakukan penahanan terhadap tiga WNI yang ditangkap karena terduga berafiliasi dengan jaringan teroris ISIS. Pasalnya, kepolsiian Malaysia menginginkan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku di Negeri Jiran tersebut.

"Masih ditahan di Malaysia, tiga ditahan. Akan diproses hukum di Malaysia," ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Muhammad Iqbal di kantornya, Rabu (1/8/2018).

Iqbal mengaku belum dapat memastikan apakah tiga WNI itu dapat dideportasi. Koordinasi dan negosiasi masih terus berlanjut dengan kepolisian Malaysia agar WNI tersebut dapat diproses hukum di Indonesia.

"Belum ada rencana di deportasi kesini," kata Iqbal melanjutkan.

(Baca juga: 3 WNI Diduga Anggota ISIS Ditangkap di Malaysia)

teroris

Menurut Iqbal, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak kepolisian Malaysia, terdapat barang bukti yang menguatkan bahwa tiga WNI tersebut betul-betul berafiliasi dengan jaringan teroris internasional ISIS.

"Dugaan terafiliasi dengan ISIS, ada beberapa bukti digital yang kuat lah terafiliasi kelompok radikal," pungkas Iqbal.

Sebelumnya diberitakan Okezone, Wakapolri Komjen Syafruddin mengaku sedang berkoordinasi dengan PDRM membahas pemulangan tiga WNI, status hukum ketiga WNI itu akan diproses di Indonesia perihal dugaan afiliasi dengan kelompok ISIS.

"Sedang dikoordinasikan dengan aparat Diraja Malaysia antara BNPT dan PDRM. Nanti kalau sudah selesai, bisa kita bawa pulang, nanti kita akan investigasi di sini," kata Syafruddin di PTIK pada Jumat 20 Juli lalu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini