nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Punya Cucu Perempuan, Keraton Solo Ucapkan Selamat

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 21:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 01 512 1930543 jokowi-punya-cucu-perempuan-kraton-solo-ucapkan-selamat-s4yTaPje0q.jpg Gusti Raden Ayu Wandansari (foto: Bram/Okezone)

SOLO - Rasa suka cita atas kelahiran cucu kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution juga dirasakan masyarakat Solo, kota asal keluarga Joko Widodo.

Seperti diketahui Kahiyang Ayu, putri kedua Jokowi melahirkan bayi perempuan pagi tadi, Rabu (1/8/2018) sekira pukul 05.00 WIB di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Salah satu ucapan selamat datang dari keluarga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Gusti Raden Ayu Wandansari yang akrab dengan panggilan Gusti Mung mewakili pihak keluarga Kraton Solo menyampaikan selamat kepada keluarga Jokowi atas kelahiran cucu keduanya.

"Mewakili keluarga Keraton Surakarta Hadingrat, mengucapkan selamat berbahagia untuk keluarga Pak Jokowi, yang pagi tadi dianugerahi seorang cucu putri," jelas Gusti Mung kepada Okezone, Rabu (1/8/2018).

 jokowi

Gusti Mung juga sampaikan, sesuai perhitungan Jawa, putri Kahiyang Ayu lahir di hari pasaran Rabu Pon yang memiliki arti cantik. Pasalnya pasaran Pon itu identik dengan cantik. Menurutnya berdasarkan hitungan hari (weton) dalam Primbon Jawa, Rabu Pon memiliki angka (neptu) 14. Nilai angka tersebut diperoleh dari penjumlahan antara nilai hari Rabu (7) dan nilai pasaran Pon (7).

"Watak yang digambarkan pada pasaran Rabu Pon seperti 'lakuning rembulan' (jalannya bulan), yakni, pandai menentramkan hati serta berjiwa sosial tinggi. Pastinya Pon itu sendiri bermakna cantik. Lha, ini sesuai, kebetulan cucu presiden juga seorang perempuan," jelas Gusti Mung.

Selain pihak keluarga Kraton Surakarta, puluhan pedagang Pasar Legi Solo, menggelar acara syukuran dengan membuat tumpeng sederhana dari hasil bumi yang biasa dijual sehari - hari. Hal itu dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat cucu Presiden Jokowi lahir selamat, sehat dan cantik tentunya.

 keraton

Tumpeng yang terdiri, sayuran, pisang rebus, telur rebus, dan beberapa hasil bumi lainnya di doakan. Tak berselang lama kemudian, langsung habis dibagi - bagikan kepada warga yang kebetulan berada di pasar Legi.

"Selamatan sederhana ini merupakan ungkapan rasa syukur dari kami sebagai wujud ikut merasakan kebahagiaan," kata Wahyuningsih salah satu pedagang di Pasar Legi Solo.

Mereka juga memberikan doa agar cucu perempuan Jokowi ini kelak menjadi anak soleha, berbudi pekerti baik, berguna bagi nusa dan bangsa.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini