nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Jangan Sampai Pasar Kita Dikuasai Mobil Impor!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 13:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 02 15 1930777 jokowi-jangan-sampai-pasar-kita-dikuasai-mobil-impor-LQT0eWmF7B.jpg Presiden Jokowi saat membuka pameran GIIAS 2018 di BSD, Tangerang Selatan (Giri/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pasar otomotif di Indonesia yang begitu besar jangan sampai dikuasi oleh mobil-mobil impor. Pasar nasional harus diisi dengan mobil produksi dalam negeri.

"Pertama jangan sampai pasar kita yang besar tadi dikuasai mobil-mobil impor, harus dikuasai mobil-mobil yang diproduksi dalam negeri kita sendiri," kata Jokowi saat membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 dan Peluncuran Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (Ammdes) di BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (2/7/2018).

Kepala Negara menekankan agar berbagai produksi barang otomotif dalam negeri harus dapat berorientasi untuk mengkatkan nilai ekspornya. "Nanti kita siapkan insentif-intensif (pajaknya) agar bisa terus meningkat," ucapnya.

Mobil Ammdes dipamerkan di GIIAS 2018 (Fakhrizal/Okezone)

Jokowi mendorong agar perusahaan dalam negeri dapat memproduksi dan mengembangkan mobil yang ramah lingkungan, sehingga dapat diekspor ke luar negeri.

"Kita akan masuk ke Ammdes yang ini sangat multiguna selain untuk meningkatkan produksi, produktivitas di desa-desa, dan ini juga bisa menyelesaikan banyak masalah di daerah," terang Jokowi.

Ia berharap, Ammdes dapat menekan biaya pengeluaran bagi petani dalam rangka meningkatkan harus produksinya. Jokowi juga terkesan saat melihat mobil tersebut lantaran telah dilengkapi dengan rice mill atau mesin penggiling padi.

"Sehingga mobilitas desa bisa lebih baik lagi, saya rasa itu, tampilannya sangat memberikan energi," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini