nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Akan Ambil Tindakan Militer Jika Iran Blokade Laut Merah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 10:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 02 18 1930681 israel-akan-ambil-tindakan-militer-jika-iran-blokade-laut-merah-kOJkgftFoh.jpg Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu. (Foto: AFP)

YERUSALEM – Israel akan mengerahkan kekuatan militernya jika Iran mencoba memblokade Selat Bab al-Mandeb yang menghubungkan Laut Merah dengan Teluk Aden. Pernyataan itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Benyamin Netanyahu sepekan setelah Arab Saudi menghentikan pengiriman minyak melalui jalur tersebut menyusul serangan dari militan Houthi yang bersekutu dengan Iran terhadap dua kapal Saudi.

Sejauh ini Iran tidak mengancam akan memblokade Selat Bab al-Mandeb tetapi telah mengatakan akan menutup Selat Hormuz yang terletak di pintu masuk Teluk Persia jika Teheran dilarang untuk mengekspor minyaknya.

BACA JUGA: Israel Akan Ambil Tindakan Militer Jika Iran Blokade Laut Merah

"Jika Iran akan mencoba untuk memblokir Selat Bab al-Mandeb, saya yakin bahwa Iran akan menemukan dirinya menghadapi koalisi internasional yang akan bertekad untuk mencegah hal ini terjadi.Koalisi ini juga akan mencakup semua cabang militer Israel," kata Netanyahu saat menyaksikan parade laut di Haifa sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (2/8/2018).

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman dalam pidato terpisah mengatakan bahwa dia telah mendengar ada ancaman untuk menyerang kapal-kapal Israel di Laut Merah. Namun, dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

BACA JUGA: Iran Ancam Konfrontasi Semua Kapal Asing Setelah Ditembak AL AS

Kapal-kapal yang menuju Israel, terutama dari Asia, melewati jalur laut ke Eilat, atau terus melalui Terusan Suez ke Laut Mediterania. Kapal-kapal yang menuju Pelabuhan Aqaba di Yordania dan untuk beberapa tujuan Saudi juga harus melewati selat tersebut.

Selat Bab al-Mandeb memiliki lebar 29 km, membuat ratusan kapal berpotensi menjadi sasaran empuk. Administrasi Informasi Energi AS mengatakan, pada 2016 diperkirakan 4,8 juta barel minyak mentah per hari dan produk minyak dikirimkan melalui Bab al-Mandeb.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini