nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persaingan Karier Ketat, Rektor Prasetiya Mulya Tekankan Pentingnya Berinovasi

Hambali, Jurnalis · Jum'at 03 Agustus 2018 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 03 65 1931287 persaingan-karier-ketat-rektor-prasetiya-mulya-tekankan-pentingnya-berinovasi-6j9lKGt5iN.jpg Foto: UPM (Hambali/Okezone)

TANGERANG - Era perkembangan teknologi dan informasi global menyebabkan pula terjadinya perubahan di berbagai bidang, termasuk dalam dunia karier. Kondisi itu, mengharuskan adanya penyesuaian antara kemampuan para pekerja dengan kemutakhiran teknologi yang ada.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya Profesor Djisman Simandjuntak menguraikan, betapa pentingnya inovasi bagi setiap individu. Menurut dia, kehadiran inovasi mutlak dibutuhkan guna menjawab tantangan masa depan yang kian kompleks.

"Perusahaan yang tidak berinovasi akan tergerus oleh pesaingnya yang selalu mengembangkan ide-ide untuk memenangkan pasar, begitupun untuk para pekerja dalam menapaki kariernya ke depan," paparnya dalam perayaan Innovation Day di Universitas Prasetiya Mulya, Kavling Edutown, Jalan BSD Raya Utama, BSD City, Pagedangan, Tangerang, Jumat (3/8/2018).

 

Dijelaskannya lebih lanjut, kebiasaan untuk berinovasi harus dimulai sejak dini, terutama pada jenjang perguruan tinggi. Namun yang dibuat tak sekedar inovasi biasa, dia menyebutkan, jika setiap inovasi harus pula disertai kolaborasi dengan teknologi yang berkembang, sehingga hasilnya dibutuhkan oleh pasar luas.

"Inovasi harus berkolaborasi dengan teknologi, jadi dimulai sejak bangku sekolah, bangku kuliah, sudah ditempa kemampuan itu. Misalnya dari program studi yang ada, kaitannya dengan masyarakat luas itu apa, dilakukan terobosan apa yang belum pernah diketahui secara umum," imbuh Djisman.

 

Innovation Day sendiri merupakan program tahunan yang dirancang oleh Universitas Prasetiya Mulya dalam mewadahi siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengenal lebih dekat kampus tersebut. Rangkaian acara Innovation Day ditampilkan layaknya Educative Workshop dengan para dosen, hingga sharing session bersama mahasiswa dan alumni.

Untuk tahun 2018 ini, setidaknya ada lebih dari 6 ribu siswa SMA dari 120 sekolah unggulan di Jabodetabek yang mengikuti Innovation Day. Mereka akan diberi gambaran tentang karier yang akan dihadapi usai tamat sekolah ataupun perguruan tinggi.

"Kami berharap melalui kegiatan Innovation Day ini para peserta bisa melihat inovasi dari future career mereka kelak, sehingga dapat memilih jurusan yang sesuai minat mereka, sekaligus mewujudkan lingkungan kampus sebagai penggerak perubahan dengan mendorong hadirnya inovasi sejak dini," pungkas Djisman.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini