nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenalkan Ini Lindu Aji, Sapi Juara 1 Berbobot 1,3 Ton

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 07:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 03 65 1931587 kenalkan-ini-lindu-aji-sapi-juara-1-berbobot-1-3-ton-NL3agficO5.jpg Ilustrasi Sapi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Masyarakat Jawa Timur, baru-baru ini dihebohkan dengan adanya seekor sapi yang memiliki bobot 1.318 kilogram alias 1,3 ton. Ya seekor sapi berbobot 1,3 ton itu, bernama Lindu Aji yang dimiliki oleh peternak Aji Sumoko.

Aji Sumoko, mengatakan, bahwa sapi miliknya itu, usianya empat tahun 1 bulan. Di mana Lindu Aji ini sapi persilangan antara sapi perah Senduro dengan sapi jenis limousine.

"Saya, mulai merawat Lindu Aji itu, saat usianya 16 bulan, dibeli dari pedagang seharga Rp32,5 juta," ujar Aji seperti dikutip dari laman Universitas Jember, Sabtu (4/8/2018).

Melihat Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting

Dia menjelaskan, untuk pakan Lindu Aji, dirinya beri ampas tahu atau singkong serta tetes tebu. Jika dirupiahkan per harinya si Lindu Aji menghabiskan dana sebesar Rp30 ribu. Sapi juga butuh dijemur setiap hari, juga diajak berjalan-jalan agar badannya sehat. 

"Jadi, uniknya, walau berbadan super besar tetapi Lindu Aji berperangai tenang, bahkan banyak pengunjung yang turut mengelus elus tubuhnya. Lindu Aji ini gak pernah rewel, kalau diikut sertakan dalam lomba di luar kota selalu tenang bahkan tidur di truck," ungkapnya.

Melihat Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting

Dia menuturkan, bahwa kemarin si Lindu Aji ikut  kontes sapi pada festival ternak Poncogati yang diselenggarakan oleh Program Ilmu Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Jember kampus Bondowoso yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso.

"Jadi, dari,114 ekor sapi yang turut meramaikan kontes tersebut. Lindu Aji menjadi pemenangnya," jelasnya.

Bahkan, lanjut dia, banyak pengunjung yang kagum akan perawakan si Lindu Aji, bahkan bertanya langsung kepadanya bagaimana cara membesarkan sapi hingga bobotnya di atas 1 ton. 

"Tidak terlalu sulit kok, pertama bibitnya harus bibit unggul, kedua telaten dalam merawat. Lindu Aji saya kasih pakan berupa hijauan seperti rumput atau daun jagung 10 kg per harinya," pungkasnya.

(fik)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini