nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Senjata TNI Dirampas Kelompok Bersenjata di Papua

Edy Siswanto, Okezone · Senin 06 Agustus 2018 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 06 340 1932555 3-senjata-tni-dirampas-kelompok-bersenjata-di-papua-wV2ZGKprJn.jpg Kelompok bersenjata OPM (Dok OPM)

JAYAPURA – Kodam XVII Cenderawasih membantah ada dua anggota TNI tewas diserang kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) saat mengawal tim survei PLN di Kabupaten Paniai, Papua, pagi tadi. Prajurit tersebut diklaim hanya luka-luka dan tiga pucuk senjata api dipegangnya dirampas pelaku.

"Tidak ada yang tewas dalam insiden penyerangan tersebut,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, Senin (6/8/2018).

Menurutnya kejadian bermula saat sembilan prajurit TNI mengawal tim survei PLN untuk program Papua terang di Paniai yang menumpangi dua speedboat. Mereka tiba-tiba diserang KKSB.

"Dua speed diserang KKSB yang berjumlah sekitar 30 orang bersenjata lengkap," ujar Aidi.

 

Menurutnya tim PLN dan prajurit TNI diserang saat speedboat bersandar. “Diserang kelompok ini yang seakan sudah menunggu tim," katanya.

Ada anggota TNI luka-luka terkena sabetan senjata tajam dan tiga pucuk senjata laras panjang jenis SS1 dirampas kelompok tersebut.

"Saat itu KKSB mengeluarkan tembakan dan karena kondisi disitu banyak masyarakat yang berusaha bantu TNI maka anggota kami tak berani keluarkan tembakan karena sangat berbahaya, sehingga anggota hanya melakukan perlawanan," katanya.

Aidi mengklaim bahwa penyerangan KKSB terhadap tim survei dan TNI lantaran tak terima dengan pembangunan Papua terang di daerah itu.

"Saat ini anggota kita masih lakukan penyisiran untuk mencari anggota KKSB yang melakukan penyerangan," ujarnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini