nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Tempatkan "Sang Jenderal" Avanza di Belakang Booth Pameran GIIAS 2018

Mufrod, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 07 15 1932989 toyota-tempatkan-sang-jenderal-avanza-di-belakang-booth-pameran-giias-2018-GKxTpfQ0ry.jpeg Toyota Avanza di pameran GIIAS 2018 (Foto: Okezone)

TANGERANG – PT Toyota Astra Motor tahun ini sepertinya kurang percaya diri untuk memajang mobil sejuta umat andalannya di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Menempati booth futuristik seluas 2.870 m2, di Hall 10B BSD City Tangerang Selatan, Banten, di bagian depan Toyota memajang mobil masa depan dengan beberapa jajaran mobil premiumnya serta mobil tim balapnya Toyota Tim Indonesia (TTI). Sedangkan satu model andalannya Toyota Avanza tak tampak di jejeran terdepan booth Toyota terdepan.

Pengunjung bisa menemukan mobil sejuta umat tersebut ketika berada di bagian customer transaction yang berada tepat dibelakang booth Toyota. Sang jenderal begitu sebutan Avanza di GIIAS, diposisikan di bagian belakang untuk memberi peluang kepada prajurit (model pamer di depan) untuk menarik konsumen.

“Yang namanya Jenderal itu kan posisinya di belakang, biar yang muda-muda dulu yang maju,” Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto, di GIIAS, Tangerang.

Bisa dikatakan, Toyota kurang percaya diri menempatkan mobil yang telah mendapat predikat mobil sejuta umat tersebut. Jika dibandingkan dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang masih percaya diri memajang Xenia di jajaran paling depan boothnya.

Meski tampil dengan label spesial edition dan menyematkan striping baru di bagian eksteriornya. Daihatsu tetap konsisten untuk menjadikan Xenia sebagai salah satu produk andalannya tersebut.

Berdasarkan data penjualan Gaikindo, penjualan Avanza di bulan Juli justru mampu mengungguli pesaing kuatnya, Mitsubishi Xpandeer dimana dari data wholesale atau pengiriman pabrik ke diler total penjualan Avanza mencapai 4.648 unit, sedangkan Mitsubishi Xpander hanya menjual 3.278 unit, angka tersebut turun 50 persen dari total penjualan bulan sebelumnya.

Sebulan sebelumnya Mitsubishi Xpander sendiri masih bisa mengangkangi penjualan Avanza yang hanya memperoleh angka 6.477 unit sedangkan Xpander terjual sebanayk 7.601 unit. Kuatnya penjualan Avanza tersebut akibat dari tingginya permintaan Xpander dengan masa indent mencapai tiga bulan.

Dari lima model yang ditawarkan, Xpander Ultimated tetap menjadi buruan para konsumen dengan penjualan bulan Juni sebanyak 1.551 unit. Sedangkan model Avanza 1.3 G MT menjadi model yang paling laris dengan angka penjualan sepanjang Juni 2018 mencapai 2.025 unit.

Di bulan Juli sendiri Mitsubishi telah berencana meningkatkan produksinya mencapai 10.000 ribu unit per bulan guna memangkas daftar inden yang cukup panjang untuk Xpander serta memenuhi kebutuhan eksport.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini