nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Mahasiswa, Ternyata Dosen Juga Cemas dan Gugup saat Tahun Ajaran Baru

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 07:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 07 65 1933039 tak-hanya-mahasiswa-ternyata-dosen-juga-cemas-dan-gugup-saat-tahun-ajaran-baru-PXJXHUZhLu.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Bagi para pelajar, awal tahun ajaran baru adalah tantangan. Setiap kali hari pertama tahun kampus pasti memunculkan banyak perasaan untuk orangtua dan mahasiswa. Tapi siapa sangka, ternyata dosen juga memiliki perasaan yang campur aduk saat memasuki tahun ajaran baru.

Untuk mengetahui bagaimana perasaan para dosen di awal tahun ajaran baru, Business Insider melakukan wawancara kepada 50 dosen. Sebagian besar jawabannya ada beberapa yang bersemangat dan gugup juga beberapa memperluas perasaan campur aduk mereka tentang kedatangan mahasiswa baru mereka.

Mahasiswa

Pertanyaan yang diberikan adalah sebagai berikut:

“Pada awal tahun ajaran baru, saya merasa ...”

1. “Luar biasa gembira. Hari pertama adalah hari favorit saya tahun ini karena sudah matang dengan berbagai kemungkinan.”

Seorang dosen pastinya sudah mempersiapkan secara matang tentang pelajaran nantinya di kelas bersama mahasiswa baru.

2. “Gelisah. Saya selalu gugup untuk bertemu dengan mahasiswa baru saya dan melihat dinamika kelas baru. Saya tidak dapat benar-benar mempersiapkan sampai saya mengenal mahasiswa saya dan bagaimana mereka berinteraksi bersama. "

Rasa gelisah tentunya ada, tapi.... bukan karena galau ataupun sedih tetapi karena rasa gugup untuk bertemu dengan mahasiswa baru.

Mahasiswa

3. "Gugup dan sedih meninggalkan anak saya sendiri di rumah, tetapi bersemangat untuk bertemu mahasiswa baru saya di kampus."

Bagi para dosen tentunya menganggap mahasiswa di kampus seperti anak mereka sendiri.

4. “Cemas tentang semua hal yang tidak diketahui yang akan diberikan tahun ajaran kampus mendatang, tetapi bersemangat untuk mengenal mahasiswa dan menerapkan ide-ide baru yang dilahirkan tahun lalu.”

Para dosen akan cemas ketika kampus tidak memberitahukan para dosen tentang aturan dan mata pelajaran yang diajar untuk tahun ajaran baru.

5. “Seperti ada sejuta cara untuk menjadi lebih baik daripada tahun lalu. Ini sedikit luar biasa.”

Yap! Berpikir positif untuk selalu mengubah diri menjadi yang lebih baik menjadi seorang dosen bagi mahasiswanya.

6. “Bersemangat dan fresh, namun benar-benar kewalahan.”

Bertemu dengan mahasiswa baru pasti punya perasaan yang sangat senang sekaligus bersemangat untuk belajar bersama namun jangan sampai kewalahan ya! 

Mahasiswa

7. "Gembira untuk menyambut tahun ajaran baru, namun khawatir tentang tantangan yang akan datang dan tidak diketahui”

Para dosen tentunya sudah tak asing bila ada tantang baru mengajar di awal tahun ajaran baru, tentang mahasiswanya.

8. "Sama gugupnya denganku saat di hari pertama kampus, tapi siap untuk mengisi otak dengan pengetahuan."

Pengalaman merupakan dosen terbaik bukan? Setiap dosen pasti punya caranya masing-masing untuk mengajar kepada mahasiswanya.

9. “Cemas dan bersemangat. Pada dasarnya perasaan itu adalah perasaan yang sama dengan anak-anak tentang kembali ke kampus.”

Bagi para dosen kedua perasaan itu merupakan hal yang biasa.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini