nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efektifkah Teknologi Mobil Hybrid di Masa Mendatang?

Mufrod, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 15:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 08 15 1933577 efektifkah-teknologi-mobil-hybrid-di-masa-mendatang-Yj5mNcps5X.jpeg BMW i8 hybrid (foto: Okezone)

TANGERANG – Mobil ramah lingkungan di Indonesia saat ini masih di dominasi oleh kendaraan hybrid. Di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, jajaran produsen mobil Jepang tak luputu memperkenalkan teknologi hybrid dan juga elektrik vehicle.

Bagi BMW sebagai produsen mobil premium, kebutuhan mobil ramah lingkungan yang paling ideal di pasar global saat ini tak lain merancang bangun mobil bertenaga listrik bukan lagi hybrid. Jenis kendaraan hybrid sendiri dinilai memiliki banyak kekurangan, meski kelebihannya mampu menempuh perjalanan jauh menggunakan mesin konvensionalnya.

Menurut Henrik Wigermo, Governmental and External Affairs Asia Senior Manager teknologi mesin hybrid memiliki beberapa kelemahan, karena menggunakan baterai kecil yang tak dapat menampung kapasitas tenaga listrik besar. Hal ini tentu mobil tidak bisa memanfaatkan motor listrik dalam perjalanan jauh.

Mobil hybrid memiliki karakter baterai yang tidak bisa di isi ulang menggunakan colokkan listrik, tenaga yang dihasilkan di motor listrikpun terbilang tidak cukup besar. Meski diakui mobil jenis ini cocok bagi beberapa negara, namun di masa mendatang, teknologi hybrid akan semakin ditinggalkan.

BMW sendiri kini telah melakukan pengembangan terhadap mobil listrik, dengan aplikasi teknologi kecerdasaan mobil. Sehingga di masa mendatang seluruh kebutuhan moda transportasi akan saling terkoneksi secara maksimal.

“Kami saat ini akan terus mengembangkan teknologi masa depan, di Indonesia sendiri telah kami mulai dengan i series yang meluncur pada 2011. Kedepan kita akan melihat mobil berteknologi tinggi dari BMW,” pungkas Henrik.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini