nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Tewas dan 52 Sakit Akibat Makanan Beracun di Acara Pemakaman di Peru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 17:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 08 18 1933628 9-tewas-dan-52-sakit-akibat-makanan-beracun-di-acara-pemakaman-di-peru-OPHrcN5x1Y.jpg Enam pasien telah dibawa ke Ibu Kota Lima untuk mendapatkan perawatan. (Foto: Kementerian Kesehatan Peru)

AYAUCHO – Sedikitnya sembilan orang tewas dan puluhan lagi menjadi sakit setelah mengonsumsi makanan yang tercemar di sebuah upacara pemakaman di Ayacucho, wilayah Andes, Peru pada Senin. Berdasarkan hasil pengujian dari departemen kesehatan Peru, ditemukan jejak insektisida dalam makanan yang dimakan para pelayat.

Pernyataan dari Kementerian Kesehatan Peru yang dilansir CNN, Rabu (8/8/2018) menyebutkan, petugas yang menyelidiki kasus tersebut telah mengambil sampel makanan dan minuman yang disajikan untuk diuji dan menentukan bahan pencemar pastinya.

"Belasungkawa dan solidaritas saya dengan keluarga korban yang meninggal dunia di Ayacucho, karena diduga keracunan makanan," kata Menteri Kesehatan Silvia Pessah menyampaikan duka citanya.

Badan pertahanan sipil Peru mengatakan, 52 orang jatuh sakit setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Sejumlah pasien telah dievakuasi dari daerah Andean selatan ke Ibu Kota Lima untuk mendapatkan perawatan.

Di antara korban yang sakit terdapat seorang bayi berusia dua tahun dan seorang perempuan yang tengah hamil yang diharapkan akan segera pulih. Korban tewas dilaporkan berusia antara 12 tahun sampai 78 tahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini