nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Menulis Esai yang Baik

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 14:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 08 65 1933526 4-tips-menulis-esai-yang-baik-PPfMfnaS02.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Di dunia kampus para mahasiswa kerap mendapatkan tugas penulisan secara esai. Dalam menulis esai, Anda bisa menulis kekuatan Anda, pandangan Anda tentang dunia dan ambisi Anda. Bukan hanya resume atau semua hal yang Anda lakukan.

Pada penulisan esai, perlu menceritakan kisah dengan penuh semangat, menggunakan cerita lucu Anda yang menghibur juga menunjukkan karakter, minat, nilai-nilai, pengalaman hidup, pandangan Anda tentang dunia, ambisi dan bahkan selera humor Anda. Berikut merupakan cara menulis esai yang baik dilansir dari New York Times:

Mahasiswa

1. Pengalaman

Tuliskan pengalaman magang, kursus, kegiatan ekstrakurikuler, atau praktikum juga organisasi yang menunjukkan langkah-langkah yang Anda geluti. Itu akan membantu menunjukkan bahwa Anda mengetahui bidang yang Anda pilih untuk dipelajari.

2. Penulisan Alasan

Jika Anda ditanya mengenai alasan masuk ke universitas, tulislah tentang pengetahuan mengenai universitas yang Anda pilih secara luas dan mengapa Anda ingin belajar di universitas tersebut daripada di tempat lain. Coba tulis beberapa hal tentang sejarah, kurikulum, lokasi dan pengajar apabila itu masuk kedalam kriteria anda memilih kampus tersebut.

Mahasiswa

3. Tata bahasa dan tanda baca sangat penting

Gunakan ejaan, tata bahasa, dan tulisan yang baik dengan menunjukkan Anda siap untuk kuliah. Jangan pernah menggunakan singkatan gaya teks atau bahasa kasar atau tidak senonoh.

4. Perhatikan Email Masuk

Setelah esai disampaikan kepada pihak universitas, jangan lupa periksa email dan telepon juga pesan SMS (short message service) Anda setiap hari, untuk memastikan Anda melihat dan segera menanggapi pesan atau telepon dari staff penerimaan. Banyak calon mahasiswa yang hanya memeriksa pesan dan terkadang lupa mengecek email yang menanyakan tentang wawancara.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini