nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Wapres Argentina Divonis 6 Tahun Penjara karena Korupsi

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 07:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 09 18 1933874 mantan-wapres-argentina-divonis-6-tahun-penjara-karena-korupsi-ccGZcCXEaH.jpg Amando Boudou dihukum 6 tahun penjara karena korupsi (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES - Mantan Wakil Presiden Argentina Amado Boudou, Selasa (7/8), dijatuhi hukuman hampir enam tahun penjara. Boudou dinyatakan bersalah melakukan korupsi ketika menjabat dalam pemerintahan mantan Presiden Cristina Kirchner.

Dakwaan itu terkait upaya Boudou membeli perusahaan yang mencetak mata uang melalui perusahaan fiktif semasa menjabat sebagai menteri ekonomi dalam kabinet Kirchner.

Pengadilan menjatuhi Boudou dengan hukuman penjara selama 5 tahun dan 10 bulan. Boudou, 55 tahun, dinyatakan bersalah karena melakukan "suap pasif" dan bertindak "tidak sesuai" tugas sebagai pegawai negeri.

Boudou, yang menjabat dalam kabinet Kirchner dari 2009-2015, seumur hidup dilarang memegang jabatan publik. Pengacaranya diperkirakan mengajukan banding atas putusan itu.

Argentina baru-baru ini diguncang skandal korupsi besar lainnya, melibatkan tokoh-tokoh politik dan bisnis terkemuka dan disetarakan dengan skandal korupsi Operasi Cuci Mobil yang luas di negara tetangganya, Brazil.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini