nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNS Gandeng BPIP Bentuk Pusat Studi Pengamalan Pancasila

Rafida Ulfa, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 09 65 1934144 uns-gandeng-bpip-bentuk-pusat-studi-pengamalan-pancasila-muQ5DZfNHZ.jpg Foto UNS (Dok UNS)

SURAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar penandatanganan kerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UNS Ravik Karsidi dan Haryono, selakut Plt. Kepala BPIP di Ruang Sidang 2 Gedung Prakosa Kentingan Surakarta pada hari ini.

Seperti dikutip Okezone dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (9/8/2018), setelah penandatanganan acara dilanjutkan dengan peresmian Pusat Studi Pengamalan Pancasila (PSP-Pancasila) dan kuliah umum.

Kerjasama antar kedua belah pihak ini menekankan untuk mengutamakan nilai-nilai Pancasila di lingkungan UNS melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai upaya menjalankan tugas pokok dan fungsi BPIP.

Tujuan dari Nota Kesepahaman ini adalah untuk memberikan dasar, arah dan kejelasan ruang lingkup kerjasama serta kewajiban bagi kedua institusi dalam mengutamakan nilai-nilai Pancasila di lingkungan UNS Surakarta dan masyarakat.

Sedangkan ruang lingkup bidang yang dikerjasamakan dalam Nota Kesepahaman ini adalah untuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pancasila, wawasam kebangsaan, dan bela negara bagi para civitas akademika di lingkungan UNS dan masyarkat lokasi pengabdian masyarakat UNS.

Kegiatan ini akan dilakukan melalui evaluasi, sinkronisasi dan penerapan kurikulum pendidikan Pancasila di lingkungan UNS Surakarta melalui seminar, lokakarya, workshop, FGD dan kegiatan ilmiah lain yang terkait dengan Pancasila, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Nota Kesepahaman antara UNS Surakarta dan BPIP ini berlaku untuk jangka waktu dua tahun sejak ditandatangani.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini