nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta MUN 2018, Mencari Model yang Berbeda dengan Sidang PBB

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 18:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 09 65 1934254 jakarta-mun-2018-mencari-model-yang-berbeda-dengan-sidang-pbb-hL1sccrkVE.jpg Foto: JMUN 2018 (Vanni)

JAKARTA – Jakarta Model United Nations 2018 (Jakarta MUN) 2018 resmi dibuka pada hari ini di Auditorium Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan. Tema Jakarta MUN 2018 tahun ini adalah Advancing Sustainable Development Through Diplomacy.

Acara yang bekerjasama dengan United Nations Information Centre (UNIC) Jakarta ini membahas simulasi United Nations (UN) yang paling otentik seperti yang belum pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Acara ini seperti konferensi PBB yang sesungguhnya, karena menerapkan prosedur UN4MUN yang dibuat oleh United Nations Departement of Public Information (UNDPI).

 

Acara ini diisi talkshow dengan narasumber Founder Indonesia Berbicara, Kevin Tan, Country Manager of UNODC (United Nation On Drugs and Crime) Collie Brown, UN Youth Adviser For SDG’s Implementation, Angga Dwi Martha.

"Prosedur yang berbeda, kita kan ada banyak yang namanya model sidang PBB kan tapi sering kali sebenarnya yang mereka modelkan prosedurnya berbeda dengan apa yang terjadi di United Nations itu sendiri," kata President of Indonesia Student Association for International Studies 2018 (Isafis) Nadia Caroline, Kamis (9/8/2018).

Nadia mencontohkan di United Nations sebelumnya tidak ada model sidang PBB.

"Tapi kalau di sini yang kita tekankan adalah nilai-nilai diplomasi itu sendiri. Kita tekankan kalau dalam pembuatan keputusan terutama antar negara-negara yang memiliki kepentingan yang berbeda-beda yang penting tuh keputusannya jadi tapi yang penting dalam membuat keputusan itu setiap pendapat orang itu tersampaikan dan ada di draft solusi itu sendiri," jelasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini