nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Ratas Gempa NTB, Jokowi Minta Fokus Evakuasi

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 17:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 337 1934783 gelar-ratas-gempa-ntb-jokowi-minta-fokus-evakuasi-5lpglQm5ze.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda kunjungannya meninjau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai gantinya, ia pun menggelar rapat terbatas membahas penanganan bencana gempa bumi yang hingga kini masih terjadi NTB.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah menteri, Jokowi meminta jajarannya untuk memprioritaskan upaya evakuasi korban yang masih belum ditemukan. Ia pun selalu memantau perkembangan penanganan pasca gempa.

"Saya juga selalu mendapatkan laporan update dari lapangan mengenai jumlah korban, baik meninggal maupun yang luka-luka serta jumlah kerusakan mulai dari rumah, sekolah dan fasilitas umum," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

 gempa

Jokowi mengatakan, sejak awal ia telah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Panglima TNI serta Kapolri fokus melakukan evakuasi. Tak hanya kepada warga, evakuasi juga harus dilakukan terhadap wisatawan-wisatawan yang tengah berlibur di Lombok.

"Saya minta evakuasi yang belum ditemukan harus menjadi prioritas. Dan saya mendapatkan laporan dari lapangan, pencarian korban terus dilakukan secara intensif dan sudah banyak mulai menggunakan alat-alat berat," ucapnya.

 gempa

Jokowi meminta logistik bagi para pengungsi dan korban gempa untuk selalu diperhatikan, mulai dari tenda, selimut, makanan, terutama makanan untuk bayi, obat-obatan, pasokan air serta yang berkaitan dengan listrik.

Bila tanggap darurat usai, Jokowi meminta jajarannya untuk segera melakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Guna memperbaiki kondisi fisik bangunan, baik rumah maupun fasilitas," pungkasnya.

Beberapa menteri yang hadir yakni Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Hadir juga Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi, Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini