nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,1 SR Guncang Kabupaten Lebong Bengkulu

Demon Fajri, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 21:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 340 1934932 gempa-5-1-sr-guncang-kabupaten-lebong-bengkulu-rlslBZqL6m.jpg (Foto: BMKG)

BENGKULU - Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Jumat (10/8/2018), sekira Pukul 20.36 WIB. Gempa itu berlokasi di koordinat 3.26 Lintang Selatan (LS), 102.26 Bujur Timur (BT) itu dengan kedalaman 125 kilometer.

Posisi gempa berada di 13 KM Tenggara Kabupaten Lebong, 31 km Timur Laut Kabupaten Bengkulu Utara, 59 km Barat Laut Kota Bengkulu, 36 km Barat Laut Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung dan 601 km Barat Laut Jakarta. Meskipun demikian, getaran gempa tidak begitu dirasakan oleh masyarakat Kota Bengkulu.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, saat dihubungi Okezone.

Ilustrasi.

Gempa di 13 km Tenggara Lebong, jelas Sabar, merupakan gempa bumi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Selain itu, sampai Sabar, hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum menunjukkan terjadi gempa bumi susulan. Meskipun demikian, masyarakat di daerah Kabupaten Lebong dan sekitarnya di imbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

Selain itu, tambah Sabar, sejak gempa terjadi belum adanya laporan kerusakan di wilayah tersebut. Baik kerusakan bangunan pemerintah, sarana ibadah, kesehatan maupun bangunan rumah penduduk. Sebab, gempa yang mengguncang Lebong tidak begitu dirasakan masyarakat setempat.

"Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada. Gempa tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Sejak gempa terjadi belum ada gempa susulan," pungkas Sabar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini