Cerita di Balik Kemeja Bertulis 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata' yang Dipakai Jokowi

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 18:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 10 605 1934836 cerita-di-balik-kemeja-bertulis-bersih-merakyat-kerja-nyata-yang-dipakai-jokowi-5hNJbdUKvr.jpg (Foto: Bayu S/Okezone)

JAKARTA - Calon presiden (capres) petahana Joko Widodo dan calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin menggunakan tagline 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata'. Tagline yang tertulis di kemeja yang dikenakan Jokowi saat mendaftar ke KPU Ri itu diyakini bakal populer di masyarakat.

Fungsionaris PDI Perjuangan Pramono Anung meyakini, tagline serta baju yang dikenakan Jokowi akan digunakan juga oleh masyarakat, seperti saat Jokowi memakai kemeja kotak-kotak.

"Itu baju yang dipakai Presiden, tapi kalau dipakai capres-cawapres biasanya ditiru oleh semuanya. Begitu Gubernur DKI kotak-kotak, semuanya kotak-kotak," kata Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Didampingi Sejumlah Ketum Parpol, Jokowi-Ma'ruf Amin Daftarkan Diri ke KPU

Pramono yakin tagline itu akan ditempelkan pada seragam tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. "Semuanya pasti akan niru," tegasnya.

Sekretaris Kabinet itu menceritakan asal mula tagline 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata'. Menurut Pramono tagline itu merupakan usulan Jokowi. Saat itu, kata Pramono, Jokowi disodorkan berbagai desain tagline yang akan ditulis di bajunya oleh tim pemenangan. Jokowi kemudian memilih tiga desain itu dan menentukan kata-kata yang tertulis di bajunya. Dari tiga desain itu di antaranya ada baju putih dengan tulisan hitam dan baju hitam dengan tulisan warna-warni.

Didampingi Sejumlah Ketum Parpol, Jokowi-Ma'ruf Amin Daftarkan Diri ke KPU

"Ada tiga baju yang Beliau pakai, dan ini sepenuhnya Beliau yang memilih ya," bebernya.

Pramono berharap kemeja dan tagline ini bisa menambah suara pemilih pemula. "Ini kan era milineal, jadi baju itu harus menarik bagi siapa saja," kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini