Makna Tersembunyi Kemeja Biru Sandiaga Uno

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 11 605 1935023 makna-tersembunyi-kemeja-biru-sandiaga-uno-sQUqU9Ce2s.jpg Prabowo-Sandiaga Uno saat deklarasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sandiaga Uno resmi dipinang oleh Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden (cawapres)-nya dalam Pilpres 2019 mendatang. Seketika Sandiaga tampil berbeda dari biasanya, yang kerap berkemeja putih.

Kini, kemeja biru menjadi pakaian favorit Sandiaga dalam berbagai momen-momen penting dalam rangkaian kegiatan Pilpres 2019.

Diawali proses lobi-lobi alot yang sempat terjadi sebelum masa pendaftaran berlangsung. Di mana, Gerindra, PAN, PKS awalnya sudah sepakat, namun Demokrat menolaknya lantaran telah menyodorkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Alasan lainnya, dikarenakan Sandiaga ini merupakan kader dari Gerindra.

 

Tanpa dihadiri Demokrat, Prabowo Subianto melakukan deklarasi sebagai capres dan Sandiaga Uno sebagai cawapres. Dalam kesempatan itu, eks Danjen Kopassus itu mengenakan kemeja berwarna putih sementara Sandiaga memakai kemeja berwarna biru yang jusru tidak identik dengan Gerindra.

Saat deklarasi, Prabowo menyatakan Sandiaga sudah melepas semua jabatannya, mulai dari Wakil Gubernur DKI Jakarta dan posisinya sebagai Wakil Ketua Umum Gerindra.

"Beliau (Sandiaga) juga berkorban untuk bersedia mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur DKI yang dengan susah payah beliau rebut," ujar Prabowo saat mengumumkan cawapresnya di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis 9 Agustus malam.

Kemeja berwarna biru tak hanya dipakai sekali saja oleh Sandiaga. Seperti ketika melakukan Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Apalagi, saat di moment itu Demokrat sudah resmi menyatakan dukungan untuk Prabowo-Sandiaga Uno.

Setelah dari masjid, dengan kemeja biru yang tetap digunakannya Sandiaga memilih jalan kaki menuju kantor KPU untuk mendaftar bersama Prabowo Subianto sebagai pasangan capres dan cawapres.

Mungkin bukan kebetulan, di malam harinya Sandiaga kembali menggunakan kemeja saat berkunjung ke rumah Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie,

 

Lalu apakah ada maksud dari kemeja biru itu?

Sandiaga hanya menjawab warna biru itu membawa sebuah kesejukan dan juga menyimbolkan pekerja.

"Biru itu warna yang selalu kan dibilang blue-collar, trah biru. Itu adalah simbolnya pekerja," tutur Sandiaga.

Saat ini, Prabowo-Sandiaga Uno diusung oleh empat Parpol yang terdiri Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat. PAN dan Demokrat identik dengan warna biru ini. PAN pun sempat mengeluarkan pernyataan sempat merasa keberatan dengan status Sandi sebagai kader Gerindra. Tapi menawarkan opsi untuk keluar atau bergabung dengan partainya.

"Mas Sandi kan di Gerindra, kalau Gerindra-Gerindra kan susah begitu ya masyarakat. Jadi nanti kita lihat apakah Mas Sandiaga akan mengundurkan diri dari Gerindra atau masuk PAN atau bagaimana," kata Anggota Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Drajad Wibowo.

Beredar kabar pula Sandiaga sudah menjadi kader dari Demokrat pasca-dirinya mundur dari Gerindra, Kamis 9 Agustus 2018 malam. Petinggi Gerindra belum mengetahui kabar tersebut dan menegaskan Sandiaga masih berlatar belakang calon independen.

"Tapi saya kira posisi dari Bang Sandi dalam satu posisi sebagai calon independen gitu ya," ujar Waketum Gerindra Fadli Zon, Jumat 10 Agustus 2018 malam.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini