nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Feri Bandeng Tenggelam, 46 Orang Selamat dan 5 Masih Hilang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 16:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 16 337 1937549 kapal-feri-bandeng-tenggelam-46-orang-selamat-dan-5-masih-hilang-9RmDVdhpVG.jpeg Konferensi pers tenggelamnya KMP Bandeng di Kemenhub (Fadel/Okezone)

JAKARTA – Kapal Motor Penumpang (KMP) Badeng tenggelam di perairan Laloda, Halmahera Utara, Maluku Utara. Lima orang dinyatakan hilang, sedangkan 46 orang lagi sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

“Saat ini korban yang belum ditemukan lima orang korban, dalam proses pencarian. Empat awak kapal, satu penimpang,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyad dalam konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Pencarian dan penanganan dilakukan tim gabungan dari BNPB, PT ASDP, polisi air dan lainnya. Kapal milik BNPB, polisi air dan nelayan ikut dikerahkan.

Budi mengatakan 46 orang yang ada di kapal tersebut sudah dievakuasi dan semuanya selamat dan kini berada di rumah sakit untuk dilakukan penanganan medis.

“Dari sekian banyak korban yang diselamatkan, mereka semua sudah pakai life jaket, dengan adanya aspek keselamatan di KMP Bandeng dan sudah terbentuk suatu budaya bagi penumpangnya dan operatornya sudah bisa berjalan baik,” ujarnya.

Kapal feri Bandeng berbobot 457 Grass Ton milik PT ASDP itu tenggelam di perairan Loloda dalam pelayaran dari Tobelo menuju Belitung pada Rabu 15 Agustus 2018.

“Berangkat dari Tobelo ke Belitung pada (pukul) 20.00 WIB dan didapati hilang kotak pada 15 Agustus pukul 21.00 WIB. Selanjutany dikonfirmasi KMP Bandeng berubah haluan yang sebelum menuju Belitung, kembali ke Tobelo akibat cuaca buruk dan diperkirakan tengelam di perairan Loloda,” tutur Budi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini