Kebakaran Hutan di Riau Menjalar ke Permukiman, 20 Rumah Warga Hangus

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 16 Agustus 2018 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 16 340 1937447 kebakaran-hutan-di-riau-menjalar-ke-permukiman-20-rumah-warga-hangus-iroSxKIRcL.jpg Puing rumah warga Desa Tanjung Leban, Rohil, Riau usai terbakar (Ist)

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus melanda Provinsi Riau. Paling parah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Selain lahan, kebakaran di daerah itu juga menghanguskan 20 rumah penduduk Desa Tanjung Leban, Kecamatan Kubu.

"Data yang kita dapat sekitar 20 warga yang habis dilalap api akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan," kata Sekertaris Desa Tanjung Leban, Wandri, kepada Okezone, Kamis (16/8/2018).

Rumah warga terbakar akibat dampak kebakaran hutan dan lahan yang begitu parah dalam dua hari terakhir. Api yang menghanguskan lahan menjalar hingga ke permukiman dan melahap rumah warga.

 

Selain tempat tinggal, puluhan masyarakat Desa Tanjung Leban kini juga kehilangan ladang tempat mencari nafkah. Mayoritas penduduk di sana mengantungkan hidup pada kelapa sawit.

"Jadi rumah mereka itu dekat perkebunan sawit. Paling sedikit warga punya lahan 2 hektare. Jadi sekarang mereka kehilangan tempat tinggal dan kebun. Rumah yang terbakar itu non permanen," ucapnya.

Wandri berharap agar ada perhatian pemerintah terkait musibah tersebut. Selain itu warga disana sangat mengeluhkan pekatnya asap dan berharap kebakaran cepat tertangani. "Di sini anginnya kencang. Api cepat menjalar," imbuhnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini