Share

Ini 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Anak di Abad 21

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 17 Agustus 2018 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 1 1937871 ini-4-kompetensi-yang-harus-dimiliki-anak-di-abad-21-rlmyBahgkv.JPG Dirjen GTK Kemendikbud RI, Supriano (Foto: Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) menyebut terdapat empat kompetensi yang harus ditanamkan kepada anak-anak di abad ke-21.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), Supriano berujar, empat kompetensi yang perlu dimiliki anak dalam menghadapi tantangan era millenium salah satunya ialah mampu berpikir kritis.

"Pertama, anak-anak harus bisa berpikir kritis atau bisa berani mengungkapkan sesuatu dan tidak tertutup berpikirnya. Dan anak-anak yang berpikir kritis yang rasional ini yang bisa bersaing," kata Supriano di Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Kedua, lanjut dia, ialah kerjasama dalam hal networking (jaringan). Sebab menurutnya, orang sukses dipengaruhi oleh networking-nya. "Maka itu, ini yang harus terjadi yaitu kerjasama," jelasnya. 

Dirjen GTK Kemendikbud

Dijelaskannya, kompetensi ketiga yakni kemampuan berkomunikasi. Komunikasi kata dia, mampu mendorong anak-anak untuk lebih melek pada perkembangan teknologi. Di mana saat ini eranya komunikasi via media sosial (medsos). 

"Tapi saat berhadapan langsung akan kaku maka itu kita akan tingkatkan itu," tuturnya.

Sedangkan kompetensi keempat sambungnya, ialah inovasi dalam kreativitas. Jika kompetensi ini tidak dimiliki pada anak, maka ia dipastikan akan sulit bersaing di abad 21.

"Jadi empat kompetensi inilah yang harus ada," pungkasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini